Mohon tunggu...
Erlinda Indriani
Erlinda Indriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan

Saya merupakan mahasiswi PPG Prajabatan yang saat ini sedang menempuh di Universitas Terbuka Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Aplikasi FACTILE dalam Pembelajaran Digital

15 Maret 2024   10:00 Diperbarui: 15 Maret 2024   10:12 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Aplikasi Factile adalah sebuah platform pembuatan dan penggunaan kuis online yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, dan memainkan kuis interaktif secara daring. Dengan Factile, pengguna dapat dengan mudah membuat kuis berbasis berbagai topik, seperti pendidikan, bisnis, hiburan, dan lain-lain.

Beberapa fitur utama dari Factile diantaranya adalah cara membuat kuis yang mudah dengan tampilan yang ramah pengguna, fitur kustomisasi, kolaborasi, bermain dan berbagi, serta fitur pelacakan dan analisis hasil belajar.

Aplikasi Factile dapat menjadi sangat berguna dalam berbagai konteks, termasuk pendidikan (untuk membuat kuis interaktif untuk siswa), pelatihan (untuk membuat kuis sebagai alat pembelajaran), dan hiburan (untuk membuat kuis untuk acara atau pertemuan sosial).

Factile dapat digunakan oleh guru dan siswa untuk membuat, berbagi, dan berpartisipasi dalam kuis interaktif. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Factile bagi guru dan siswa:

Bagi Guru:

  1. Membuat Akun: Buat akun guru di situs web Factile.

  2. Membuat Papan Permainan: Setelah masuk, buat papan permainan dengan menambahkan pertanyaan, jawaban, dan gambar yang relevan.

  3. Kustomisasi Papan Permainan: Sesuaikan papan permainan dengan tema atau topik tertentu, tambahkan warna dan grafik, serta atur pengaturan permainan seperti waktu, poin, dan mode permainan.

  4. Berbagi Kode Akses: Setelah papan permainan selesai, bagikan kode akses atau tautan permainan kepada siswa sehingga mereka dapat mengaksesnya.

  5. Memantau Kemajuan Siswa: Pantau kemajuan siswa dan hasil permainan melalui fitur analitik yang disediakan oleh Factile.

Bagi Siswa:

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun