Mohon tunggu...
Erliana
Erliana Mohon Tunggu... Dosen - "honesty is the currency of where ever you are"

Dosen Universitas Swasta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Digitalisasi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Laba pada UMKM Asih Hijab Cantik

22 Oktober 2023   15:50 Diperbarui: 22 Oktober 2023   16:00 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

       Meningkatnya persaingan antar UMKM yang menjual produknya dengan cara tradisional dengan UMKM yang menjual produknya dengan cara online shop. Masyarakat sekarang lebih banyak memanfaatkan online shop untuk melakukan transaksi pembelian barang ataupun makanan karena lebih praktis  dan menghemat tenaga. apalagi sekarang di online shop banyak promo dan diskon dalam setiap pembelian.       

       Strategi perdagangan dengan menggunakan digitalisasi saat ini sangat efektif sekali,  dengan digital marketing selain lebih efisien dan berbiaya murah. bagi wirausaha UMKM yang masih kecil strategi marketing dengan menggunakan teknologi digital sangat membantu dalam menjalankan usaha nya. 

        Dengan adanya digital marketing, maka para penggiat usaha bisa lebih kreatif dan bertahan,  apalagi pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar bagi perkembangan pelaku usaha  UMKM  pada umum nya dan UMKM Asih Hijab Cantik Khusus nya dan generasi muda yang memulai bisnis, harus mencari strategi yang tepat agar tetap bertahan. Salah satu strategi di masa pandemi ialah digital marketing yang memungkinkan pelaku usaha dan bisnis dapat memasarkan produknya tanpa terkendala kebijakan-kebijakan selama pandemi. 

Transformasi digital sangat berpengaruh pada perubahan aktivitas pada UMKM dalam menghasilkan keunggulan bersaing. Tranformasi digital yang berfokus pada inovasi, adopsi teknologi dan penciptaan nilai baru yang bertujuan untuk membangun kinerja pemasaran. Oleh karena itu dapat bertahan dalam persainagn pasar harus dapat bertindak cepat untuk meningkatkan kinerja pemasaran dalam era digital ini. yang perlu di perhatikan dalam UMKM adalah dapat meningkatkan kemampuan nya dalam pemasaran digital dan dapat melakukan transformasi digital dengan cepat. 

       Penjualan dengan menggunakan digital marketing terbukti sangat efektif dalam meningkatkan laba. termasuk dengan UMKM Asih Hijab Cantik. selama ini umkm tersebut menggunakan cara cara yang masih terbilang konvensional dengan membuka toko dari pagi hingga malam mengharapkan pelanggan yang datang mampir untuk membeli semenjak di perkenalkan dengan teknologi digital penjualan nya naik dengan signifikan. selain dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas penjualan dengan menggunakan digital marketing membuat penjualan jadi lebih mudah. 

       Diharapkan para pelaku UMKM setelah membaca opini ini lebih menambah wawasan dalam usaha nya dan juga meningkatkan penjualan yang menghasilkan laba yang baik.

  

"Wirausaha adalah suatu jalan yang mendidik kamu untuk menjadi orang yang paling kreatif di dalam bersaing."        

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun