Mohon tunggu...
erisca setiand
erisca setiand Mohon Tunggu... Mahasiswa - PPG Prajabatan

memikirkan hal yang tidak perlu difikirkan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teknologi sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran

26 Februari 2023   17:50 Diperbarui: 26 Februari 2023   17:57 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat ini kegunaan teknologi sangat penting untuk semua kalangan dimana yang menggunakan teknologi bukan hanya kalangan anak muda saja namun orang tua, anak usia dini dan orang yang sudah berumurpun menggunakan teknologi yaitu untuk berkomunikasi dengan keluarga yang jauh disana selain itu untuk mencari informasi, sebagai mencurahkan isi hatinya, menuangkan gagasan atau ide dan lain sebagainya.

Tentunya sama juga dengan kegunaan teknologi pada proses pembelajaran dimana dengan didampingi oleh teknologi pendidik dapat berinovasi melakukan proses pembelajaran seperti teknologi sebagai alat untuk membantu menyampaikan materi contohnya pendidik dapat memanfaatkan aplikasi produktivitas seperti microsoft office yaitu powerpoint dimana pendidik dapat memasukan materi secara singkat kemudian di variasikan dengan gambar-gambar atau template yang menarik.

Kemudian pada powerpoint sendiri terdapat fitur animation dan hyperlink dimana pendidik dapat membuat games pada fitur tersebut selain powerpoint jejaring sosial yang dapat membantu untuk menyampaikan materi yang manarik adalah canva pada canva sendiri terdapat banyak fitur seperti poster, infografis, presentasi dan terdapat template yang menarik sesuai dengan yang kita inginkan pada canva sendiri pendidik juga dapat berkolaborasi dengan orang lain. 

Kemudian, terdapat youtube dimana di youtube sendiri pendidik dapat membuat video yang bisa dilihat oleh semua orang dengan pendidik membuat video materi yang ingin diberikan dan youtube juga dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk menyampaikan pembelajaran ketika tidak bisa bertatap muka ketika disekolah.

Teknologi sebagai media pembelajaran dimana dengan digunakannya teknologi sebagai pendamping proses pembelajaran memudahkan pendidik untuk mengetahui apakah materi yang sudah disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik salah satunya dengan menggunkan permainan digital yang berbasis teknologi seperti terdapat Learningapps pada aplikasi tersebut dapat membantu pendidik sebagai alat evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa.

Karena didalamnya terdapat fitur-fitur permainan yang bisa pendidik manfaatkan untuk menggunakannya sendiri sangat mudah yaitu dengan pendidik memilih template yang sesuai untuk digunakan untuk peserta didik kemudian, masukan materi yang ingin digunakan sebagai alat evaluasi.

Selain itu, terdapat aplikasi web yang dibuat oleh kemendikbud yaitu portal rumah belajar dimana padda portal rumah belajar sendiri bisa dimanfaatkan ketika pembelajaran daring pendidik bisa membuat kelas dan didalamnya terdapat fasilitas yang mendukung interaksi antar komunitas siswa dan guru beragam jenjang. Pada portal rumah belajar sendiri siswa dapat mengaksesnya kapan saja dan banyak fitur yang disediakan seperti sumber belajar, kelas maya, edugame, laboratorium maya dan sebagainya.

Pendidik sebagai fasilitator kegiatan proses pembelajaran memiliki kebebasan untuk merancang pembelajarannya di ruang kelas dalam arti fisik maupun maya. Peran pendidik ketika di kelas adalah harus mampu membuat pengalaman belajar siswa yang menarik, inovativ, nervariasi, berulang dan meningkat. 

Ketercapaian pembelajaran adalah tujuan dari yang diinginkan oleh semua guru, penerapan teknologi untuk pembelajaran juga harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan fasilitas yang terdapat disekolah. Oleh karena itu seorang pendidik harus mampu memanfaatkan teknologi sebaik mungkin namun teknologi sebagai alat bantu pembelajaran sangat tergantung kepada pendidik untuk mengenalkannya untuk mengintegrasikan ketika proses pembelajaran.

Referensi:

Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran dalam Adaptasi Pandemi Covid--19 | Pusdatin (kemdikbud.go.id)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun