I. Pendahuluan
SaladdalaS usaha yang berfokus pada penyediaan salad buah yang sehat dan lezat, dengan visi untuk mendukung kesehatan dan kebahagiaan pelanggan kami. Salah satu pendekatan unik yang kami ambil adalah menerapkan model PERMA oleh Martin Seligman, seorang psikolog positif terkenal, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang holistik.
II. Latar Belakang
Model PERMA, yang mencakup Positif Emotion, Engagement, Relationships, Meaning, dan Accomplishment, adalah fondasi bagi kebahagiaan dan kesejahteraan. SaladdalaS bertujuan untuk menciptakan makanan sehat yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik pelanggan, tetapi juga mendukung aspek-aspek psikologis mereka. Seperti apa yang mereka rasakan sebelum dan sesudah memakan salad kami, misalnya dari yang sebelumnya badmood dan lemas bisa langsung merasa happy dan segar kembali karena sudah memakan salad kami SaladdalaS.
III. Penerapan Model PERMA
A. Positif Emotion:
Positif Emotion PERMA Martin Seligman mencakup pengalaman kebahagiaan, kegembiraan, kepuasan, dan emosi positif lainnya. Dalam bisnis SaladdalaS, Positif Emotion diterjemahkan sebagai penciptaan pengalaman yang menyenangkan dan positif bagi pelanggan, tidak hanya dari segi rasa, tetapi juga dari perspektif emosional.
Pelaksanaan Positif Emotion di Bisnis SaladdalaS:
- Desain Interior dan Suasana:
Menciptakan lingkungan interior yang cerah, bersih, dan menyenangkan di outlet SaladdalaS. Seperti Desain menu yang menginspirasi kebahagiaan dan kami pun sudah mengatur toko kami sedemikian rupa dengan adanya pohon besar yang rindang dan mengelilingi toko kami dan juga adanya bunga warna warni yang mayoitas berwarana cerah di sekitar pintu masuk membuat tempat kami terasa colourfull dan tenang disaat yang bersamaan.
- Presentasi Produk:
Penyajian salad buah yang estetis dan menarik mata, tidak hanya menyajikan salad yang segar dan lezat kami juga memperhatikan kemasan yang kami berikan kepada konsumen kami baik di take away maupun penyajian dine in. Sehingga saat difoto akan menciptakan foto yang aesthetic dan intragamable, foto bagus saat dipost, pelanggan happy pasti akan kembali lagi dikemudian hari bahkan bisa saja membawa temannya atau keluarganya.
- Pelayanan Pelanggan:
- Pelatihan karyawan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang ramah dan sopan, tentu karyawan dibagian layanan merupakan garda depan kami dan merupakan wajah dari toko kami, maka kami pun mengandalkan karyawan kami untuk bisa memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen SaladdalaS.
- Respons cepat terhadap masukan atau keluhan pelanggan untuk memastikan pengalaman positif, kami pun menyediakan barcode penilaian yang akan ada di samping meja kasir  dan konsuman bisa mengisi nya untuk feedback atas pelayanan dan kepuasan yang mereka rasakan selama berada di toko SaladdalaS
- Program loyalitas dengan reward khusus yang dapat meningkatkan kebahagiaan pelanggan setia, seperti setiap pembelian SaladdalaS dengan min. Rp 40.000 akan mendapatkan 1 cap stempel SaladdalaS yang jika dikumpukan bisa ditukar dengan hadiah menarik yang sudah kami sediakan
Dengan mengintegrasikan Positif Emotion ke dalam berbagai aspek bisnis SaladdalaS, kami bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang tidak hanya memuaskan kebutuhan nutrisi pelanggan, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.