Mohon tunggu...
Erika Celindia
Erika Celindia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi D3 Hubungan Masyarakat PSDKU K.Batang

Hello. I am Erika Celindia Undergraduate Public Relations at Diponegoro University. Having genuine interest in communication. Motivated and enthusiast to learn new things.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sinergi Humas Kemenkes RI Melalui Media Relations

16 Oktober 2022   21:59 Diperbarui: 16 Oktober 2022   22:07 301
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Public relations atau humas sangat erat hubungannya dengan kebaruan yang cepat. Humas yang berkecimpung didalamnya harus mampu mengikuti perubahan dan pergerakan baru. 

Humas di Kementerian Kesehatan RI berkontribusi dalam memberikan kebutuhan informasi kepada masyarakat. Besar potensial berkembangnya isu mengenai hoaks, berita palsu, hingga krisis Kesehatan. Untuk itu diperlukan pengelolaan isu dan manajemen media sebagai sarana penyampaian informasi secara cepat dan tepat.

Seperti Humas pemerintah lainnya,  Humas Kemenkes mampu bersinergi/bermitra dengan wartawan media cetak dan elektronik serta media sosial. Tak hanya itu lembaga pers juga perlu diajak kerjasama dalam membantu pemerintah untuk menyebarluaskan informasi program pembangunan kepada masyarakat, karena persepsi publik tentang pemerintahan ditentukan oleh informasi dari media.

Pendekatan media relations yang biasanya digunakan organisasi dalam menjaga citra positif dari publiknya adalah dengan menetapkan kegiatan media relations. Dalam kebijakan ini biasanya ditetapkan apa yang dilakukan pihak internal organisasi dalam berhubungan dengan media. Tentu saja dasar kebijakan seperti itu adalah bagaimana reputasi organisasi bisa dijaga sebaik-baiknya melalui kegiatan media relations organisasi. 

Secara umum, penggunaan media massa dalam kegiatan Humas memiliki beberapa tujuan yaitu;

a) Membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran suatu produk atau jasa

b) Menjalin komunikasi yang berkesinambungan

c) Meningkatkan kepercayaan publik

d) Meningkatkan citra baik perusahaan

Dari segi organisasi, membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa adalah dengan memenuhi dan menanggapi kebutuhan media massa terhadap suatu organisasi. Karena sifat komunikasi dalam kegiatan Humas adalah 2 arah, maka praktik media relations bukan hanya mengkomunikasikan keluar organisasi melainkan juga menjadi komunikan yang baik dari apa yang dikomunikasikan dari luar organisasi.

Kegiatan Media Relations Humas Kemenkes antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun