Mohon tunggu...
Ririe aiko
Ririe aiko Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis, Pengajar dan Ghost Writer

Penulis Poem, Eduparenting, Trip, dan Ghost Story. Sangat Menyukai Traveling dan Dunia Literasi Contact person : erikae940@gmail.com Follow Me : Instagram : Ririe_aiko

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Semangkok Kuliner Pereda Pengar

27 Januari 2024   18:24 Diperbarui: 27 Januari 2024   18:27 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rutinitas yang kaya ngga ada ujungnya, kadang bikin pikiran mumet banget! Pengen rasanya cari tempat ngadem sejenak buat sekedar bengong duduk ngelamun nggak jelas. Seriusan, makin berumur kadang nggak melakukan apa-apa dan cuma diem aja, itu rasanya udah healing terbaik. Mungkin itulah definisi bahagia itu sederhana! Cukup duduk istirahat dan nggak perlu mikirin hal-hal yang rumit dan bikin ruwet. 

Pas lagi mikirin tempat ngadem, eh tiba-tiba pas scrolling IG nemuin satu tempat yang keliatannya cocok buat mengasingkan diri dari hiruk pikuk duniawi. 

Gass... poll besoknya saya dan suami langsung meluncur ke tempat itu. Suatu tempat kuliner di daerah kebun teh Rancabali Ciwidey yang viewnya nggak ada lawan. Tepatnya kami mengunjungi kedai pawon Kang Bima. Sebuah kedai sederhana yang bernuansa bilik kayu. Sebenernya sih nggak mewah, tapi cukup nyaman buat selonjoran sambil ngeliat hamparan kebun teh yang rapih banget. Udaranya yang sejuk dan dingin bikin saya pengen pesen makanan dan minuman yang anget-anget. Kebetulan list menu makanan yang ditawarkan mayoritas cocok dinikmati saat cuaca dingin, ada cuanki, mie rebus, nasi liwet dan aneka minuman anget kaya bajigur, bandrek dan wedang jahe. Cemilan-cemilan ringan kaya jagung bakar juga ada, tapi hari itu saya excited banget buat nyobain sensasi makan cuanki ditemanin view Kebun Teh, persis kaya yang seliweran di Fyp IG. 

Sumber : Dokpri
Sumber : Dokpri

Sumber : Dokpri
Sumber : Dokpri

Dan gak begitu lama saya nunggu, pesenan pun datang.  Semangkok cuanki komplit yang dibanderol dengan harga 18ribuan itu, masih nampak mengepul. Seketika ruangan dipenuhi aroma gurih dari kuah cuanki yang membuat liur saya menetes. Tak sabar, saya pun segera menambahkan saus sambal untuk membuat cuanki itu semakin Nampol saat dinikmati. 

Menyeruput kuah cuanki yang terasa sangat gurih di lidah, membuat saya  semakin lahap saat menikmatinya. 

Upss.... sampe ga kerasa aja nih, semangkok porsi cuanki yang terbilang banyak, ludes dalam hitungan menit!

Selesai dengan semangkok cuanki, saya lanjut menikmati 'bandrek' salah satu minuman tradisional urang Sunda yang terbuat dari campuran jahe dan gula aren serta serutan buah kelapa. Rasa hangat dan manis khas Bandrek langsung melengkapi kenikmatan kulineran di kebun Teh. 

Sumber : Dokpri
Sumber : Dokpri
Honestly, rasa cuanki yang saya nikmati sebenernya nggak terlalu berbeda dengan cuanki yang biasanya dijual di pusat Kota Bandung. Tapi yang paling membuat rasanya spesial, Adalah karena saya menikmatinya bersama orang-orang yang saya kasihi. Buat saya pribadi, momen-momen berduaan dengan pasangan itu sangat penting untuk menjaga sebuah hubungan. Nggak perlu mahal, yang penting kita bisa duduk berdua sambil ngobrolin hal-hal random, Dan itu udah jadi support sistem banget buat kita berdua. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun