Mohon tunggu...
Erika
Erika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Untar

Always be Passionate and do your best

Selanjutnya

Tutup

Money

Peran Seorang Pengusaha di Dalam Menciptakan Perubahan Produk di Masa Pandemi

28 Maret 2022   10:24 Diperbarui: 28 Maret 2022   11:09 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                   Erika - 115190160 

Kita semua tahu, Ketika melihat terjadinya suatu proses Inovasi terutama didalam sebuah produk, pasti akan terjadi peningkatan minat pada produk itu sendiri, karena tujuan dilakukannya inovasi itu sendiri ialah untuk meningkatkan kualitas dan untuk menciptakan pasar baru.

Pandemi Covid yang mewabah diseluruh dunia ini menjadi hal yang ditakuti oleh banyak orang, termasuk para pengusaha. Apalagi sejak munculnya pandemi, banyak bisnis- bisnis yang tidak bisa bertahan serta mengalami kerugian yang sangat besar, bahkan bisnis tersebut bangkrut, biasanya penyebab utama itu karena menurunnya daya beli konsumen. 

Karena itu semua pengusaha akan mencari cara untuk mempertahankan bisnis yang sudah dijalankan melalui proses adaptasi dengan kondisi pandemi ini. Salah satu caranya yaitu dengan menghasilkan produk yang inovatif.

Tulisan ini bermaksud untuk membahas secara singkat mengenai judul ini yaitu untuk mengetahui peran seorang pengusaha pada kreativitas, inovasi didalam menciptakan perubahan produk dan untuk memberi motivasi serta ide untuk para pengusaha yang membaca artikel ini.


Bharadwai et.all (1993, p.89) didalam sebuah artikelnya mengemukakan bahwa kemampuan perusahaan untuk terus melakukan inovasi terhadap produk- produknya akan menjaga produk tersebut tetap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Menurutt KBBI, Inovasi berarti :

1. Pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru ; pembaharuan" dan "penemuan baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada atau yang sudah dikenal  sebelumnya.

2. Pembaharuan ; (arti kata pembaharuan adalah renovasi. Arti lainnya dari pembaharuan adalah penyempurnaan).

3. Penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya ; (inovasi wajib selalu dilakukan untuk memberikan sesuatu yang baru yang lebih berguna, lebih praktis dan pastinya tidak membosankan, hal ini dilakukan untuk memberikan suatu peningkatan.

Gatignon dan Xuereb (1997, p.79) didalam sebuah artikelnya, dalam Inovasi produk terdapat 3 inovasi produk, yaitu :

1. Keunggulan Produk

2. Kesamaan Produk

3. Biaya Produk

Dalam mengembangkan inovasi produk (kegiatan  inovasi) pastinya membutuhkan sekelompok orang yang bisa disatukan menjadi sebuah team yang bertugas untuk memberikan ide, menjalankan ide yang sudah dikembangkan sehingga proses pengembangan produk tersebut bisa diselesaikan dalam waktu yang disesuaikan.

Lukas dan Ferrel (2000, p.240) didalam sebuah artikelnya, menjelaskan adanya beberapa indikator dari inovasi produk, yaitu :

1. Perluasan Lini (lini extensions), produk yang dihasilkan perusahaan tidaklah benar-benar baru tetapi relatif baru untuk sebuah pasar.

2. Produk baru (me too-product), produk baru bagi perusahaan tetapi tidak baru bagi pasar.

3. Produk benar-benar baru (new-to-the-world-product), produk yang termasuk baru bagi perusahaan maupun pasar.

Berdasarkan data dari Global Entrepreneurship Index, Indonesia berada di peringkat 94 dari total 137 negara, dalam hal pengusaha, dan posisi Indonesia tersebut masih kalah dibandingkan negara- negara Asia Tenggara lainnya.

Himpunan pengusaha muda Indonesia (Hipmi) menyatakan bahwa pengusaha muda sangat mempunyai peran yang sangat strategis di masa mendatang, pengusaha dapat mendorong perekonomian nasional, ditambah dengan menguatnya globalisasi, Angkatan kerja produktif yang terus bertumbuh dan industri-industri baru yang diinisasi oleh pengusaha serta menggunakan perkembangan teknologi informasi dapat membantu penciptaan industri baru berbasis internet.

Secara Konsepsional, pengusaha dicirikan dengan adanya organisasi atau wadah usaha yang melembaga,efisien juga memiliki produktivitas yang tinggi, serta transformatif dan inovatif.

Pengusaha memiliki andil yang besar melalui inovasi, penciptaan lapangan pekerjaan baru, mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

5 kombinasi aktivitas produktif yang dapat dibentuk oleh seorang pengusaha :

1. Mengenalkan suatu produk atau kualitas yang baru

Biasanya disebut Branding, Pencitraan agar suatu produk dapat menarik dan melekat pada konsumen. Tujuan utama dari Branding ialah untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan agar selalu bagus dari segi kualitas,bentuk,manfaat,harga di mata konsumen. Hal ini cenderung untuk selalu menarik konsumen agar Kembali lagi ke suatu produk yang dipasarkan perusahaan.

2. Adanya metode produksi yang baru

Sebuah kombinasi dari faktor- faktor produksi yang dibutuhkan untuk memproduksikan satu unit produk (biasanya sebagai penghasil 1 unit barang bisa digunakan lebih dari satu metode atau proses serta selalu di inovasikan agar mendapatkan hasil yang berbeda dari sebelumnya.

3. Pangsa Pasar baru atau new market

Sebuah indikator yang digunakan oleh perusahaan didalam mengukur tingkat keberhasilan dengan kompetitor perusahaan yang ada.

Contoh : didalam sebuah pangsa pasar sebuah perusahaan penjualan skincare menargetkan penjualan sebesar 60% dari produk yang ada pada perusahaan itu, dilihat dari pesaing atau competitor yang ada pada tahun berjalan ternyata pada tahun berikutnya target tercapai menjadi 65% yang artinya pangsa pasar dari perusahaan itu berjalan dengan baik, tetapi jika sebaliknya terjadi maka perusahaan harus mengevaluasi metode pangsa pasar yang diterapkan tersebut.

4. Memiliki sumber pasokan baru dari komponen yang baru 

5. Melaksanakan organisasi baru didalam suatu industri 

Salah satu bidang pengembangan dari Manajemen SDM, dimana organization development fokus membantu perusahaan didalam mencapai peningkatan kinerja pastinya berkelanjutan  melalui SDM tersebut, tujuan nya adalah memampukan perusahaan dalam melakukan pemecahan masalah, memberi respon yang lebih baik lagi, mampu beradaptasi terhadap perubahan industri dan pasar serta perubahan dari teknologi. Yang terpenting ialah untuk meningkatkan efektifitas organisasi yang berkualitas.

    Ke 5 aktivitas produk tersebut yang dapat meningkatkan dan  mendukung para pengusaha agar bisa mencapai tujuan inovasi nya.

Tujuan dilakukannya Inovasi Produk (menciptakan perubahan produk) :

1. Meningkatkan kualitas

Tujuan melakukan hal ini ialah untuk melakukan inovasi, seiring dengan perkembangan waktu, barang/ produk yang diciptakan akan semakin ketinggalan jaman karena tidak bisa memenuhi kebutuhan pada masa sekarang, oleh karena itu produk tersebut harus diberikan inovasi agar bisa memenuhi kebutuhan masa kini.

Karena produk yang sudah dilakukan inovasi akan menciptakan tambahan fitur serta kemampuan baru.

2. Memenuhi kebutuhan Konsumen

Kebutuhan konsumen sebagai seorang manusia tentu akan selalu ada,hal ini menjadikan

seperti  tuntutan konsumen, hal ini akan otomatis membuat setiap pengusaha

melakukan  inovasi pada produknya.

3. Mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan

 Inovasi pada sebuah produk juga bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan yang

 dimiliki   juga akan dibutuhkan  wawasan yang luas dan terkini sesuai dengan

 perkembangan pengetahuan.

Kesimpulan yang dapat saya simpulkan ialah peran pengusaha didalam menciptakan Inovasi/perubahan  pada produknya sangat berperan penting untuk perkembangan bisnis tersebut kedepannya seperti sebagai penyusun strategi bisnis, memperkenalkan metode produksi baru,memperkenalkan metode produksi baru, menjalankan organisasi perusahaan yang transformatif.

Apalagi disaat situasi Pandemi yang kami tidak tahu kapan berakhirnya, banyak cara yang bisa dipertimbangkan pengusaha untuk dicoba, dikembangkan hingga jadilah inovasi untuk setiap produk- produk tersebut. Bahkan Hipmi juga menyatakan bahwa pengusaha muda sangat mempunyai peran yang sangat strategis di masa mendatang.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun