Mohon tunggu...
erias sumarna
erias sumarna Mohon Tunggu... -

Pelaku usaha dan pendidik.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pelayanan Konsumen…Apakah Memuaskan??

22 Desember 2009   05:42 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:49 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anda punya toko di pinggir jalan besar, berjualan apa saja seperti kain, elektronik, makanan, dan lain-lain. Coba buat statistic tiga bulan terakhir, berapa konsumen yang masuk ke toko anda, berapa yang beli dan berapa orang yang melihat-lihat saja. Pernahkah Anda mengadakan perbaikan atas keluhan konsumen dan ditanggapi secara baik? Perusahaan dan Kunjungan Konsumen Perubahan Gaya Hidup dan Tekhnologi Perusahaan yang ingin tetap bertahan harus memahami perubahan gaya hidup dan kemajuan tekhnologi. Perkembangan trend begitu cepat, trend fashion yang ada di Luar Negeri bisa langsung trend di Indonesia. Beradaptasi Dengan Konsumen Berkembangnya Pasar-pasar modern bukan karena penyediaan fasilitas yang lengkap melainkan adanya kemampuan untuk beradaptasi dengan konsumen. Segala cara ditempuh agar konsumen merasa tertarik datang ke Pasar modern. What Is Consumer Behavior? Perilaku konsumen adalah studi tentang pengambilan keputusan dan proses yang menyangkut cara untuk memperoleh, dan barang, jasa, pengalaman, dan ide. Definisi perilaku konsumen juga mengakui bahwa konsumsi adalah suatu proses. Serangkaian langkah-langkah yang terlibat, mulai dari produk ke konsumsi, dan berakhir dengan pengeluaran produk. Banyak penelitian perilaku konsumen berfokus pada pengadaan barang dan jasa. Perilaku konsumen memberikan pengetahuan terbaik untuk studi tentang konsumen. The Consumer Buying-Decision Process And The Factors That Influence It 1. Need recognition: konsumen bergerak karena kebutuhan (Need). 2. Choice of an involvement level: konsumen memutuskan berapa banyak waktu Yang ada untuk memilih barang. 3. Identification of alternatives: Konsumen mengumpulkan informasi tentangproduk dan merek. 4. Evaluation of alternatives: konsumen mengevaluasi dari berbagai pilihan barang yang ada. 5. Decision: konsumen dapat memutuskan terhadap barang yang akan dibeli. 6. Post purchase behavior: perilaku konsumen setelah barang di beli . Hak konsumen mendapat pelayanan yang memuaskan. Sebagai konsumen Anda mempunyai pilihan untuk datang berbelanja dengan pelayanan yang memuaskan. Bila  mendapatkan pelayanan tidak memuaskan? Adalah hak konsumen untuk menyampaikan saran atau keluhan melalui Customer Service atau melalui Lembaga Perlindungan Konsumen. Selamat berbelanja dan menikmati discount akhir tahun. (Selected Reading: Consumer Behavior, jhon C. Mowen, 1987). 231180

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun