Sudah lama tidak pernah menulis di blog kompasiana ini, tetapi saya ingin mencoba bercerita tentang Facebook sebagai alat Marketing yang Segmented. Sekarang, karena saya masih punya sedikit tenaga, dan jari jemari saya belum mati rasa, saya akan bercerita sedikit dahulu mengenai SEGMENTASI. Â Apasih segementasi tu, Menurut akal saya, arti dari segmentasi adalah pengelompokan. Sesuatu yang segmented adalah yang terkelompok. Lalu bagaimana menggunakan Facebook sebagai Alat Marketing yang SEGMENTED? Ya, menurut saya cukup menggairahkan walaupun memang saat ini Facebook sudah mulai turun pamor, saya kutip dari majalan Marketing diperkirakan turun sekitar 3%. Tetapi apakah masih bisa tersegmen? Tentu harusnya bisa. Pola yang harus kita lakukan adalah dengan mencari KELOMPOK 2 yang sudah tersaji oleh database dari facebook itu sendiri. Ketika kita bisa menemukan SEGMENT tersebut tentu hal kedua pasti TARGETED atau tepat sasaran. Bagaimana cara menggunakannya? Menurut Pengalaman saya ada 2 cara yang bisa kita lakukan :
- Menggunakan Search Engine Google, sebagai contoh : Kebetulan saya aktif melakukan penjualan Kopi supaya lebih jelas Kopi Limmit dan Kopi Miracle yang sedang trend saat ini. Kemudian saya menggunakan Google sebagai salah satu alat dengan menggunakan kata kunci yang sudah saya pilih yang ingin saya target. Kopi Miracle ini bermanfaat untuk menambah gairah seksual dan meningkatkan stamina. Tentu saya akan mencari kopi yang sejenis. Contoh Kopi Pasutri. Maka saya akan ketikkan di google,co.id : Facebook Kopi Pasutri kemudiaan secara otomatis Google akan menampilkan semua tentang Facebook Kopi Pasutri, karena sudah dikelompokkan (segmen) oleh facebook maka secara otomatis lebih mudah berkomunikasi dan bahkan menjadikan orang-orang yang aktif di Facebook Kopi Pasutri sebagai teman kita, jelas target akan lebih mudah. [caption id="attachment_227955" align="alignnone" width="458" caption="Segmented dan Targeted"][/caption]
- Menggunakan Search Engine Facebook sebenarnya hampir sama dengan Google, hanya saja, kita memanfaat Mesin Pencari di Facebook dengan cara mengetikkan Kopi Pasutri tanpa menggunakan Facebook didepan keyword, kemudian facebook akan menyajikan data-data yang berhubungan dengan Kopi pasutri, baik itu Akun FB Sendiri, Grup, Note, FanPage. Hal ini sudah tersegmen, kemdian kita masuk menjadikan orang-orang yang ada dalam segment tersebut menjadi teman kita, tentu akan lebih efektif dan efisien melakukan marketing terhadap minat yang sama dalam hal ini minat untuk mencari kopi untuk stamina.
Mungkin itu yang bisa saya share, karena memang tangan sudah LUNGLAI dan MATA juga sudah menunjukkan amper 5 watt. Jika ada pendapat lain, dengan senang hati bisa berbagi dikolom komentar, dan jikapun tidak ada, tidak jadi masalah, karena ini hanya curahan hati menunggu tidurku pulas....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H