Mohon tunggu...
Erfransdo
Erfransdo Mohon Tunggu... Lainnya - Journalist, Traveler

Penggiat aksara dan penggemar tualang | Chelsea fans

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menebak Karakter Seseorang dari Cara Memperlakukan Meja Makan Setelah Selesai Makan di Restoran

27 September 2024   14:20 Diperbarui: 27 September 2024   14:23 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi makanan di atas meja makan (Unsplash/yenleenkim96)

Makan di restoran atau rumah makan tentu berbeda ketika makan di rumah sendiri. Ketika makan di restoran, kita harus memesan terlebih dahulu dan tentunya bertemu dengan orang banyak. Jika di rumah, biasanya kita selalu membersihkan piring bekas makan secara mandiri. Berbeda ketika di restoran, kita tidak harus mencuci piring ke dapur kalau tidak mau disangka tidak bisa bayar makanannya. Canda, ding.

Ketika makan di luar, biasanya saya selalu berusaha untuk menghabiskan makanan di piring dan tidak membiarkan piring atau gelas berantakan. Selain karena memang sudah dibiasakan di rumah, saya juga ingin sedikit membantu pramusaji di sana dalam merapikan piring bekas pelanggan. Hal sesederhana itu tentu akan membuat senang pramusaji karena beban kerjanya sedikit berkurang.

Karakter seseorang sebenarnya bisa ditebak dari bagaimana cara doi makan sampai memperlakukan meja makannya setelah selesai makan. Mau tahu bagaimana karakter seseorang berdasarkan cara memperlakukan meja makan seusai menghabiskan makanannya? Simak analisa saya berikut ini.

#1 Pelanggan yang merapikan atau menumpuk piring sehabis makan

Saya sangat mengapresiasi mereka yang mau meluangkan waktunya sebentar setelah makan di restoran untuk merapikan atau menumpuk piring di meja. Meskipun hal itu terkesan sepele, bahkan ada yang bilang kampungan, namun justru hal tersebut dapat menyenangkan hati pramusaji yang bertugas untuk membawa piring-piring kotor tersebut. Dengan menumpuknya, kita bisa membantu pramusaji mempersingkat waktunya.

Tipe pelanggan yang seperti ini biasanya sangat menghormati orang lain tanpa pandang bulu sehingga hal sekecil apa pun mereka tidak akan luput. Tipe satu ini juga senang membantu orang lain meskipun dengan hal-hal sederhana. Tak heran kalau tipe seperti mereka juga sangat dihargai oleh orang-orang di sekitarnya.

#2 Pelanggan yang membiarkan piring dan gelas berantakan seperti kapal pecah

Ketika kita makan di sebuah rumah makan, maka kita akan melihat berbagai tipe para pelanggan, termasuk mereka yang membiarkan mejanya berantakan sehabis makan. Remah ada di mana-mana, air pun terciprat ke mana-mana. Pokoknya sudah seperti kapal pecah, dan hal ini yang bikin tugas pramusaji menjadi double.

Biasanya tipe pelanggan seperti ini terlalu mengandalkan orang lain. Jika itu bukan tugasnya, maka dia tidak akan melakukannya karena hanya akan merugikan dirinya sendiri. Selama ada orang lain yang bisa menyelesaikannya, maka dia tidak akan bertindak. Tipe seperti ini juga kerap kali menunda pekerjaannya karena dirasa masih ada waktu yang banyak sehingga tidak perlu dikerjakan secara buru-buru.

#3 Pelanggan yang merokok dan membuang abunya di atas piring

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun