Mohon tunggu...
Erfransdo
Erfransdo Mohon Tunggu... Lainnya - Journalist, Traveler

Penggiat aksara dan penggemar tualang | Chelsea fans

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Sepenting Itukah Diucapkan "Selamat Ulang Tahun"?

13 Agustus 2023   21:58 Diperbarui: 13 Agustus 2023   22:17 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi perayaan ulang tahun (Unsplash/Robert Anderson)

Setiap orang tentunya mempunyai hari spesialnya masing-masing, terutama di tanggal kelahirannya yang sangat ditunggu-tunggu. Bagi sebagian besar orang, hari ulang tahun adalah hari yang cukup spesial dalam hidupnya karena tanda syukur atas karunia Tuhan yang telah memberikan hidup hingga sekian tahun lamanya. Selain itu, perayaan ulang tahun juga dapat menjadi waktu untuk saling bersilaturahmi.

Jujur, selama lebih dari dua dasawarsa hidup, belum pernah saya merayakan ulang tahun secara besar-besaran menggunakan kue mahal. Paling-paling hanya syukuran di rumah saja bersama keluarga kecil seperti bakar-bakar ikan atau ayam, yang terpenting semua orang rumah senang, dan tentunya saya bahagia.

Tentunya setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk merayakan hari ulang tahunnya seperti berkumpul dengan teman, me time ke tempat makan, atau kegiatan lainnya. Tapi, kalau misalkan tidak ada yang ingat hari ulang tahun kita rasanya bagaimana? Sepenting itukah ucapan ulang tahun?

#1 Penting untuk orang terdekat

Pentingkah ucapan ulang tahun dari orang terdekat? 

Bagi saya pribadi, ucapan dari orang terdekat seperti keluarga dan sahabat tentunya penting untuk menegaskan bahwa mereka ingat dengan hari-hari spesial kita. Meskipun pada dasarnya itu semua bukan tolok ukur bahwa seseorang menghargai keberadaan kita. Tapi setidaknya dengan mengingat hari spesial seperti ulang tahun tentunya akan membuat seseorang merasa dianggap ada.

Saya bersyukur karena setiap kali ulang tahun, orang tua saya terutama ibu tidak pernah absen untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada saya disertai dengan doa-doanya. 

Berbeda dengan ayah yang terkesan cuek namun saya yakin blio juga tetap ingat dengan hari jadi saya. Begitu pula dengan sahabat terdekat yang selalu mengucapkan meskipun diselingi dengan candaan seperti biasa, dengan embel-embel minta trakiran.

#2 Tidak terlalu penting jika kita orang yang cuek

Bisa dibilang, saya termasuk orang yang cukup cuek, termasuk perihal ulang tahun. Bagi saya, ulang tahun bukanlah hari yang terlalu spesial. Toh, setelah ulang tahun, hidup kita akan berjalan kembali seperti biasanya, tidak ada yang spesial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun