Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Seorang wirausaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, atau bisnis baru. Dalam sebuah usaha bisnis, komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pengembangan bisnis.
Komunikasi merupakan penunjang yang sangat berpengaruh sekali bagi keberhasilan Pak Moko sebagai pelaku usaha. Komunikasi yang dijalankan Pak Moko sebagai pemilik Nasi Goreng Babat Iso Keluh kesah tentunya akan berinteraksi dengan banyak orang. Orang pertama yang ditemuinya adalah pelanggan. Pada saat beliau berkomunikasi dengan pelanggan, tentunya beliau mementingkan kenyamanan bagi pelangganya. Tak hanya kenyamanan berinteraksi, Pak Moko juga memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan supaya para pelanggan merasa nyaman.
Sebagai pelaku usaha komunikasi kepada karyawan juga sangat penting. Dalam hal ini Pak Moko sebagai owner mementingkan dan memfokuskan kenyamanan tempat kerja bagi karyawannya serta tidak ada rasa canggung antara pemilik dengan karyawan. Ketika ada masalah, hal yang pertama harus dilakukan adalah berkomunikasi. Pak Moko sangat senang sekali Ketika ada karyawannya yang menyampaikan masalah yang ada di Nasi Goreng Babat Iso Keluh Kesah Ketika bekerja.
Dengan komunikasi yang baik, Nasi Goreng Babat Iso Keluh kesah dapat menjual produk yang dimilikinya dengan lebih baik dan juga dapat menghindari kesalah pahaman antara kedua belah pihak. Pemasaran juga memerlukan komunikasi, dalam hal ini Pak Moko melakukan pemasaran usahanya di media sosisal seperti Instagram.
Oleh karena itu, pentingnya kemampuan komunikasi yang baik yang bertujuan untuk memberikan informasi, berkolaborasi, dan memberikan kepercayaan pelanggan pada suatu usaha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H