Mohon tunggu...
Erdo kurniawan
Erdo kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ekonomi, jurusan Manajemen, Universitas Wahid Hasyim Semarang. Erdo Kurniawan -21101011026 matkul Kewirausahaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Pak Moko sebagai Pelaku Usaha

11 April 2023   13:03 Diperbarui: 11 April 2023   13:09 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Seorang wirausaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, atau bisnis baru. Dalam sebuah usaha bisnis, komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pengembangan bisnis.

Komunikasi merupakan penunjang yang sangat berpengaruh sekali bagi keberhasilan Pak Moko sebagai pelaku usaha. Komunikasi yang dijalankan Pak Moko sebagai pemilik Nasi Goreng Babat Iso Keluh kesah tentunya akan berinteraksi dengan banyak orang. Orang pertama yang ditemuinya adalah pelanggan. Pada saat beliau berkomunikasi dengan pelanggan, tentunya beliau mementingkan kenyamanan bagi pelangganya. Tak hanya kenyamanan berinteraksi, Pak Moko juga memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan supaya para pelanggan merasa nyaman.

Sebagai pelaku usaha komunikasi kepada karyawan juga sangat penting. Dalam hal ini Pak Moko sebagai owner mementingkan dan memfokuskan kenyamanan tempat kerja bagi karyawannya serta tidak ada rasa canggung antara pemilik dengan karyawan. Ketika ada masalah, hal yang pertama harus dilakukan adalah berkomunikasi. Pak Moko sangat senang sekali Ketika ada karyawannya yang menyampaikan masalah yang ada di Nasi Goreng Babat Iso Keluh Kesah Ketika bekerja.

Dengan komunikasi yang baik, Nasi Goreng Babat Iso Keluh kesah dapat menjual produk yang dimilikinya dengan lebih baik dan juga dapat menghindari kesalah pahaman antara kedua belah pihak. Pemasaran juga memerlukan komunikasi, dalam hal ini Pak Moko melakukan pemasaran usahanya di media sosisal seperti Instagram.

Oleh karena itu, pentingnya kemampuan komunikasi yang baik yang bertujuan untuk memberikan informasi, berkolaborasi, dan memberikan kepercayaan pelanggan pada suatu usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun