Pada Hari Sabtu, 6 Juli 2024 diadakan kegiatan webinar dengan tema Skill Upgrading yang disampaikan oleh Aninditya Santiko W, S.M., MBA. Direktur Utama PT. Cakra Insan Aishwarya dan Ibu Dewi Laily Purnamasari, S.T., M.M. dosen Universitas Catur Insan Cendekia.Â
Sebelumnya kalian tahu ga si apa itu Skill Upgrading? Nah Skill Upgrading adalah elemen penting dalam meningkatkan kualitas diri, kita dapat meningkatkan skill melalui pendidikan, pelatihan, membaca buku, atau bahkan mendapatkan pengalaman langsung. Tujuan adanya Skill Upgrading untuk mengenali dan meningkatkan soft skill ataupun menambah wawasan untuk kehidupan sehari-hari, karena Skill Upgrading selalu berkaitan dengan kepribadian, negosiasi, dan kepemimpinan yuk mari simak penjelasannya!
Self Leadership adalah proses memimpin diri sendiri untuk mencapai tujuan melalui tindakan proaktif dan sikap yang positif, caranya kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi diri karena jika self leadership kita sudah baik maka kepribadian kita juga akan terlihat baik dan positif.Â
- Manfaatnya bagi diri sendiri meningkatkan efesiensi dan efektivitas dalam pekerjaan, membantu pengembangan karir dan pencapaian tujuan pribadi.
- Manfaatnya bagi organisasi membentuk budaya kerja yang proaktif dan inovatif, meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja anggota.
Dalam skill upgrading untuk menerapkan ke dalam negosiasi kita memerlukan keterampilan yang diperlukan yaitu kemampuan komunikasi yang baik karena untuk menyampaikan ide dan feedback yang jelas dan baik kepada lawan bicara kita. Mampu mengelola waktu dan prioritas dengan efektif karena dalam negosiasi kedua belak pihak harus bisa memanajemen waktu dengan baik, dan dalam negosiasi kita harus bisa membuat keputusan yang cepat dan tepat.Â
- Pelatihan (mengikuti kursus dan workshop)Â
- Mentoring (mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman)Â
- Pengalaman praktis (melibatkan diri dalam proyek dan tugas yang menantang)
Pengaruh Self Leadership meningkatkan inisiatif dan tanggung jawab individu, yang berkontribusi pada lingkungan kerja yang kolaboratif. Apa saja indikator keberhasilan self leadership :Â
- Kinerja individu dan tim
- Keterlibatan dan Keputusan anggotaÂ
- Retensi dan turnover anggotaÂ
- Inovasi dan Kreativitas
- Komunikasi dan kolaborasiÂ
Dalam kepemimpinan hal yang harus kita miliki komunikasi yang baik, kemampuan interpersonal, mentorship, pengambilan keputusan yang baik, perencanaan strategis. Cara mengembangkan leadership diri kita kenali kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri, mengikuti pendidikan dan pembelajaran, mempraktekan apa yang kita pelajari.Â
Prinsip Etika KepemimpinanÂ
- Loyalitas : Pengabdian dan kepercayaan yang diberikan kepada seseorang atau lembaga.
- Integritas : Potensi atau kemampuan yang memancarkan kewibawaan atau kejujuran.
- Kejujuran : Sikap yang menyatakan sebenar-benarnya, ketegasan hati.Â
- Peduli : Nilai dasar dan sikap bertindak proaktif terhadap kondisi atau keadaan sekitar.
- Menghormati : Menghargai hak setiap individu dalam menjalani hidupnya.
- Keadilan : Menjaga hak-hak orang lain dan memberikan hak kepada yang berhak menerimanya.
Jika ada etika maka ada sifat, 6 sifat kepemimpinan yang harus dimiliki :Â
- Visioner : Memiliki strategi yang tepat untuk langkah kedepannya
- Integritas : Bertindak konsisten pada prinsip yang dibuat
- Berkemauan kuat : Tidak mudah goyah pada pendiriannyaÂ
- Amanah : Dipercayakan seseorangÂ
- Berani : Memiliki hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam mengahadapi kesulitan
- Rasa ingin tahu : Akan memotivasi diri untuk terus mencari dan mengetahu hal-hal yang baru sehingga akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang luas.
Bukti Daftar HadirÂ
Foto SertifikatÂ