Mohon tunggu...
Fajar Perada
Fajar Perada Mohon Tunggu... Jurnalis - seorang jurnalis independen
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Pernah bekerja di perusahaan surat kabar di Semarang, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

SPBU Pertamina Pasti Prima Wujud Nyata Persaingan Global

2 Juni 2016   12:55 Diperbarui: 2 Juni 2016   13:00 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pertamina memang sudah menguasai penyaluran BBM di Indonesia sejak beberapa puluh tahun lamanya. Namun sejak era globalisasi dan keterbukaan berlaku di Indonesia, beberapa SPBU asing mulai berdatangan. Shell, Total dan Petronas hadir, meski akhirnya Petronas kini seperti mati suri dalam menjual BBM di jakarta. 

Jadi bisa dikatakan tiga penyalur BBM utama ada di Indonesia dan beroperasi di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bandung. Untuk kota-kota kecil lainnya, Pertamina mendominasi tanpa adanya persaingan dari Shell atau Total. Maklum, wilayah operasi BBm yang besar di Indonesia membutuhkan dana besar dan yang saat ini siap hanyalah Pertamina. Shell dan Total, masih cari untung saja di kota-kota besar dan tertentu. 

Pertamina sendiri melihat persaingan itu langusng membuat gebrakan. Tentu BUMN energi ini tak mau kalah dibanding dua pesaing barunya. Tak heran jika sejumlah langkah perbaikan ekstrem sudah dilakukan Pertamina. Diantaranya membuat SPBU dengan pengkategorian tertentu. Misalnya SPBU Pasti Pas dan yang terakhir SPBU Pasti Prima.

Ingat, selain mengoperasikan sendiri SPBUnya, dengan nomor kode 31, Pertamina juga bermitra dengan pihak nasional untuk mendistribusikan BBM. Jika melihat ada kode 34 maka itu adalah kode SPBU Pertamina yang bekerja sama dengan pihak ketiga. 

SPBU generasi baru Pertamina , yaitu SPBU Pasti Prima, ditengarai akan menjadi SPBU modern dan futuristis. SPBU ini bhukan saja menjadi tempat pengisian BBM, namun juga didesain menjadi sebuah meeting point, ares istirahat dan sejenis, karena berbagai fasilitas cozy yang ada di tempat itu. 

Pertamina mengistilahkan hal itu sebagai "beyond fuel’ yakni di SPBU itu terdapat pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk kenyamanan konsumen.

SPBU jenis ini adalah yang terbaik yang pernah ada di Indonesia. Bahkan SPBU seperti ini jauh mengungguli SPBU asing seperti Shell, Total apalagi Petronas yang ada di Jakarta. Mulai 2015, dan ke depan, Pertamina akan menstransformasikan SPBU Pasti Prima ini ke seluruh SPBU yang ada di Indonesia. Tentunya dengan persyaratan , jika SPBU yang ada mampu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro SPBU Pasti Prima merupakan level lanjutan dari konsep SPBU Pasti Pas. Inintentu menarik, karena SPBU pasti Pas, saja sudah jauh lebih baik jika dibandingkan SPBU Pertamina tempoe doeloe. Bersih, tertata dan tentu saja pelyanannya sangat ramah.  

Lebih mencengangkan lagi di SPBU Pasti pas saja, konsumen atau pelanggaran bisa memihnta ada sebuah tes pengukuran kualitas bbm dan takarannya. Semua ini sudah mengubah wajah SPBU Pertamina secara fundamental, baik dari sisi kualitas, takaran, dan layanan menjadi lebih berorientasi pada kebutuhan konsumen. 

Bagi saya yang sering berpergian ke luar kota hingga ke pelosok, maka mengisi BBM di SPBU Pertamkina Pasti Pas adalah sebuah kewajiban karena penawaran segala bentuk fasilitas dan layanan tersebut. Saya yakin, Pertamina sebagai market leader bisnis fuel retail di Indonesia, tentu memiliki berkomitmen tinggi untuk meningkatkan manfaat yang dirasakan oleh stakeholder utamanya, yaitu konsumen setia Pertamina.

Simak saja komentar dari Wianda seperti ini: “Pertamina memiliki aspirasi tinggi untuk bisnis fuel dan non fuel retail di SPBU dengan beragam inisiatif strategis, diantaranya dengan mengembangkan infrastruktur, memperkuat jaringan, dan memberikan level pelayanan lebih baik kepada konsumen. Konsep Pasti Prima yang kami hadirkan kali ini akan menjawab kebutuhan konsumen yang datang ke SPBU tidak sekadar untuk membeli BBM,” kata Wianda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun