Mohon tunggu...
epi darmin
epi darmin Mohon Tunggu... Administrasi - admin

hobby membaca, penyair,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Digital Quizizz di SMP Tonjong Bogor

24 November 2023   08:42 Diperbarui: 24 November 2023   09:18 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Kegiatan PKM di SMP Tonjong Bogor 

Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Digital Quizizz di SMP Tonjong Bogor

Senin, 13 November 2023, Tonjong Bogor. Untuk memenuhi tugas mahasiswa mengadakan acara sosialisasi yaitu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat (PKM). Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi suatu keharusan. Pemahaman dan penguasaan terhadap media pembelajaran berbasis game digital menjadi semakin relevan, mengingat minat generasi muda terhadap teknologi dan permainan. SMP Tonjong Bogor, sebagai lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam membentuk generasi muda yang berkualitas, perlu memanfaatkan teknologi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu Mahasiswa Pendidikan Ekonomi memberikan sosialisasi kepada dewan guru di SMP Tonjong Bogor Pelaksanaan kegiatan PKM ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk masyarakat.

Tema yang diangkat dalam PKM ini ialah Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Digital Quizizz. PKM ini dilaksanakan pada hari Senin, 13 November 2023, dengan pembicara ibu Enok Nurhasanah,S.Pd.,M.Pd dan Abdul Rozzak Alex W.A. PKM ini diikuti kurang lebih 30 peserta yang terdiri dari guru dan staf TU di SMP Tonjong Bogor.

Bapak Aming Budiawan S.Pd yaitu kepala sekolah di SMP Tonjong Bogor mengucapkan terimakasih atas kedatangan Dosen dan Mahasiswa UNPAM dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).  " Terimakasih kepada dosen dan mahasiswa Unpam kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru di SMP Tonjong Bogor untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam bidang media pembelajaran berbasis teknologi semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan diharapkan guru dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran.".

Game digital quizizz adalah Quizizz merupakan salah dari berbagai platform yang menyediakan layanan permainan berupa kuis yang dikemas secara interaktif dan menarik. pembelajaran Quizizz mempunyai kelebihan: menyenangkan, real time, dan efektif. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta dalam memahami game digital quizizz.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari guru dan staf TU, pada sesi pertama mengenai pemaparan media pembelajaran oleh dosen ibu Enok Nurhasanah M.Pd. dan pada sesi kedua pemaparan game digital quizizz dan cara menerapkannya yang disampaikan oleh Abdul Rozzak Alex W.A yang dipandu oleh semua mahasiswa PKM di SMP Tonjong Bogor yaitu, Epi darmin, Reni Astuti, Azelda Cahyani Harum, Krisdamayanti, Tanti Indriani dan Nina Mardiana.

Dengan adanya kegiatan PKM ini, diharapkan dapat membantu sekolah dalam proses pembelajaran khususnya dalam pemahaman media pembelajaran game digital quizizz untuk dewan guru. Guru-guru dapat  akan meningkatkan kompetensinya dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, yang akan meningkatkan efektivitas belajar mengajar, guru dapat mengurangi beban kerja tambahan yang mungkin muncul akibat penggunaan teknologi, dan juga menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan, perlunya guru untuk menerapkan media pembelajaran yang menyenangkan, kondutif, guru-guru   mampu   menggunakan media pembelajaran yang menarik  dan   tidak  membosankan.

Dengan demikian dengan adanya penguasaan media quizizz ini dapat membantu meningkatkan minat siswa dalam belajar, meningkatkan Pemahaman materi, siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi pelajaran karena penggunaan media pembelajaran berbasis game digital, yang dapat meningkatkan prestasi akademik mereka. dan motivasi belajar yang tinggi, siswa akan merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, mengembangkan rasa percaya diri, dan semangat belajar yang tinggi. Serta pengembangan keterampilan digital, mereka akan mengembangkan keterampilan digital yang penting dalam era teknologi, yang akan berguna dalam kehidupan pribadi dan karier mereka di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun