Mata kuliah Learning Media yang diampu oleh Miss Nia Kurniati, M.Pd memberikan kesempatan kepada tiga mahasiswi Universitas Nurul Huda (UNUHA) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Program Studi Bahasa Inggris semester enam yaitu; Eois Tri Wahyuni, Nurul Hasanah, dan Dwi Astuti (Kelompok 2) untuk melaksanakan kegiatan implementasi media pembelajaran kuis berbasis Kahoot pada tingkat SMP. Sekolah yang digunakan dalam implementasi ini adalah SMP Negeri 1 Buay Madang Raya, di Desa Karang Binangun II, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan implementasi ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2023.
Kegiatan ini ditujukan untuk penilaian Ujian Tengah Semester dengan melakukan implementasi terhadap media pembelajaran kuis berbasis Kahoot yang sudah dikembangkan sebelumnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah ilmu dan pengalaman mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan sekaligus menerapkannya dalam kegiatan belajar mengajar yang nyata di dalam kelas.
Dalam pelaksanaannya, ketiga mahasiswi mempersiapkan terlebih dahulu media pembelajaran yang akan digunakan dalam aktivitas pembelajaran yaitu Kuis Online dalam Aplikasi Kahoot.Â
Dengan melalui proses pembuatan akun Kahoot, dan proses pembuatan kuis menggunakan fitur "Multiple choice", dan "False or True" pada aplikasi Kahoot, media pembelajaran kuis online (Kahoot) dengan 20 pertanyaan sudah siap untuk digunakan untuk kegiatan implementasi pembelajaran. Mengingat fungsinya sebagai media pembelajaran, maka selain 20 pertanyaan yang sudah disiapkan, dalam kuis tersebut juga ditambahkan slide yang berisi contoh dari materi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan dalam kuis. Â
Setelah persiapan media pembelajaran telah selesai, maka implementasi pun dilakukan. Kegiatan implementasi ini dilakukan dikelas 7.5 SMP Negeri 1 BMR pada mata pelajaran Bahasa Inggris, materi Simple Present Tense. Implementasi dimulai dengan memberikan pre-test yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan peserta didik mengenai materi Simple Present Tense yang sebelumnya sudah pernah diajarkan ini. Kemudian, sebelum melakukan kuis peserta didik dijelaskan terlebih dahulu cara menggunakan aplikasi Kahoot dan apa saja aturan dalam mengikuti kuis online melalui aplikasi Kahoot ini.Â
Setelah peserta didik paham dan siap, maka pembelajaran menggunakan Kahoot pun dilakukan. Para peserta didik terlihat excited dan menyukai penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran karena setiap menjawab pertanyaan dengan benar maka akan tampil dalam layar hp peserta didik bahwa mereka menjawab pertanyaan dengan benar, juga terdapat ranking untuk peserta didik dengan jawaban benar paling cepat. Untuk tiga peserta didik rangking teratas diberikan rewards untuk mengapresiasi hasil belajar mereka yang mampu menjawab 20 pertanyaan dalam kuis Kahoot secara benar dan cepat.
Berikut video Implementasi Pembelajaran Learning Media Berbasis Kuis (Kahoot) Pada SMP Negeri 1 BMR:
Dapat disimpulkan setelah berakhirnya implementasi tersebut, bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot ini berpengaruh positif pada motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar didalam kelas, dan menjadikan mereka fokus dalam memahami materi agar dapat menjawab dengan benar dan cepat untuk dapat menjadi rangking teratas, karena tentunya anak-anak seusia mereka memiliki jiwa kompetitif yang tinggi dan menyukai permainan.