Dulu ada iklan di TV salah satu produk makanan coklat yang sampe sekarang masih saya ingat dan saya masih ikut merasakan bagaimana kesalnya yang sang Bapak Guru (meskipun iklannya hanya suara), menghadapi murid yang entah polos entah mbeling.
Percakapannya begini :
Bp.Guru : Namanya siapa?
Murid : Budi
Bp. Guru : Nama Ibu?
Murid : Ibu Budi
Bp. Guru : Nama bapak ?
Murid : Bapak Budi
Bp.Guru : Nama panjang? (gurunya mulai kesel)
Murid : Budiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
Bp. Guru : eeet dah ni bocah.. auk ahh.. (gurunya kesel beneran hahahha...)
Hahahahah... muridnya sukses bikin gurunya ngambek.
Saya juga ngalamin tuh hal yang kurang lebih mirip seperti itu. Ceritanya gini:
Karena salah satu jobdesc saya ngurusin BPJS Kesehatan karyawan, suatu waktu ada penambahan data keluarga salah satu karyawan, nambah nama anak yang baru lahir, namanya ZALIKA ADEEVA AFSHEN MYESHA.
Kalau diucap terdengar biasa saja, tapi tahu kah bahwa untuk mengetik susunan huruf nama tersebut diperlukan ketelitian seksama untuk mengetiknya secara benar?
Bahkan saya sampai dua kali mengganti kartu yang tercetak, entah karena kesalahan ketik saya atau kesalahan pihak Relation Officer BPJS Kesehatan yang salah naro huruf H sampe dua kali.
Pertama tercetak ZALIKA ADEEVA AFHSEN MYESHA, kemudian direvisi menjadi ZALIKA ADEEVA AFSHEN MYEHSA.
Saya yakin orang yang baca kedua ketikan saya pada nama tersebut tidak 'ngeh dimana letak salahnya, kalau ga bener-bener lihat satu persatu hurufnya.
Coba bayangin gimana nanti gedenya si anak ketika mengurus KTP, Ijazah, Passport.. kalau salah ketik, ketukar letak salah satu huruf, akan bikin repot si anak.
Perlu extra hati-hati mengetik susunan huruf yang lumayan ribet seperti ini.