Mohon tunggu...
Eko Nugroho
Eko Nugroho Mohon Tunggu... -

Editor at http://kummara.com, Statistician Wanna be, Economist Suppose to be, Entrepreneur by force, Blogger, Twitter Addict, & Board Gamer.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pulau Catan, Tak Ada di Peta– Namun Tersebar di Seluruh Dunia

23 Maret 2010   04:57 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:15 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tercatat ada lebih dari 15 juta pulau Catan yang kini tersebar di seluruh dunia dan di kenal di puluhan negara. Sebuah angka yang luar biasa dan semakin luar biasa karena kita tidak akan pernah menemukan pulau-pulau tersebut di peta manapun. Ditemukan pada tahun 1995 oleh Klaus Teubler, Catan – sebuah pulau imajinatif menjadi komponen utama dari sebuah (German style) boardgame yang paling fenomenal yang pernah ada: “The Settlers of Catan” (para penduduk pulau Catan). Dalam 15 tahun, boardgame ini telah terjual lebih dari 15 juta kopi dan diterjemahkan ke 30 bahasa berbeda. The Settlers of Catan bisa dimainkan oleh 3-4 pemain (dengan skenario tambahan bisa dimainkan hingga 6 pemain). Masing-masing pemain bertanggung jawab atas sebuah koloni dan mencoba menjadikan koloninya sebagai kekuatan paling dominan di sebuah pulau bernama Catan. Kekuatan tiap koloni tergantung dari kemampuan mereka membangun infrastruktur (jalan, rumah, kota) di pulau tersebut. Pulau Catan terbentuk dari 19 keping hexagonal yang masing-masing memberikan satu diantara lima sumber daya alam yang dibutuhkan (wol, tanah liat, kayu, batu, dan gandum) untuk bisa membangun berbagai infrastruktur. Nilai hasil pelemparan 2 buah dadu menjadi penentu kepingan mana atau sumber daya alam apa yang kemudian diperoleh seorang pemain. Keberhasilan pemain membangun satu infrastruktur akan memberikan poin bagi pemain tersebut dan pemain yang pertama kali berhasil mengumpulkan 10 poin menjadi pemenang. Dalam permainan ini seorang pemain tidak mungkin mampu menguasai seluruh sumber daya yang tersedia. Hal tersebut mendorong setiap pemain untuk berinteraksi secara intensif antara satu dengan yang lain (melakukan barter). Permainan ini juga memperkenalkan satu elemen pernainan yang unik yaitu perampok (robber). Jika seorang pemain melempar 2 dadu dan menghasilkan nilai 7 maka perampok ini menjadi aktif dan bisa merugikan pemain lainnya. Kedua faktor tersebut membuat permainan ini menjadi sangat dinamis, karena setiap pemain memiliki banyak alternatif strategi untuk bisamenjadi pemenang . Mekanisme permainan yang sederhana, alur permainan yang sangat dinamis, dan waktu permainan yang relatif singkat menjadikan The Settlers of Catan (German style) boardgame paling sukses sepanjang sejarah . Menyadari hal tersebut di atas banyak pihak telah mengadopsi The Settlers of Catan untuk bisa dimainkan di media elekronik. Dimulai pada tahun 2002, Catan Online World mulai menyajikan versi online The Settlers of Catan (dengan teknologi Java) . Pada tahun 2005 Microsoft juga ikut merilis Catan Online melalui MSN Games . Kemudian pada tahun 2007, Brian Reynolds, pendiri perusahaan software Big Huge Games dan salah satu programmer utama Sid Meier’s Civilization II telah berhasil menyusun dan merilis versi Xbox dari the Settlers of Catan. Pada tanggal 24 Oktober 2009, Klaus Teubler berkolaborasi dengan Exozet Games telah merilis versi iPhone dari The Settlers of Catan. Dengan jumlah penjualan 15 juta kopi dan masih terus meningkat, kesuksesan The Settlers of Catan telah merubah pandangan banyak pihak mengenai boardgame. Boardgame yang pada awalnya hanya dikenal sebagai sebuah permainan keluarga kemudian mulai dikenal sebagai satu produk kreatif, sebuah alat edukasi inovatif, dan sebuah lahan bisnis yang sangat prospektif. Melalui boardgame sebuah pulau kecil imajinatif bernama Catan bisa sangat terkenal di seluruh dunia. Bayangkan efek positif yang bisa kita dapatkan jika kita mampu mengangkat ribuan pulau dan budaya nusantara menjadi tema berbagai boardgame berkualiatas. Pertanyaannya sekarang, kapan kita berani memulainya?

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun