Mohon tunggu...
Entrepreneur Indonesia
Entrepreneur Indonesia Mohon Tunggu... -

Official blog account EntrepreneursID\r\nUntuk live update tips usaha silahkan follow kami di @EntrepreneursID on twitter

Selanjutnya

Tutup

Catatan Artikel Utama

Kualitas Buruk Adalah Kunci Kegagalan!

27 Desember 2011   17:55 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:41 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_151719" align="aligncenter" width="640" caption="Ilustrasi/Admin (shutterstock.com)"][/caption] Beberapa saat lalu sempat mampir ke salah satu kedai bakso di dekat rumah. Secara sekilas sangat menarik dan kebetulan kami pun menyukai bakso. Akhirnya kami mencoba makan di kedai bakso tersebut, tergiur dengan bentuk bakso yang besar-besar dan menarik. Kami memesan porsi normal, sebelum membeli kami punya ekspektasi bahwa bakso ini akan enak dan akhirnya experience pun kami alami. Setelah menyantap satu porsi bakso ini akhirnya kami membuat suatu kesimpulan, ternyata baksonya tidak enak. Penilaian kami tertuju pada kualitas bakso yang kurang terasa dagingnya dan kualitas kuah yang kurang sedap. Terlebih ketika saat kami hendak membayar, wow! mahal. Jika dijual di tempat yang mahal mungkin masih make sense tapi sayangnya lokasi tempat tidak terlalu mahal. Dan akhirnya kami memutuskan untuk... tidak akan membeli bakso di tempat yang sama. Satu sisi kami bertanya-tanya apakah si penjual bakso tidak pernah mengevaluasi rasa dan kualitas makanan serta tingkat kepuasan konsumen kah? Namun dengan berpikir lebih wise kami coba melihat bahwa si penjual bakso perlu ditolong dengan cara memberikan feedback (dengan sopan tentunya). Karena jika tidak ditolong dengan diberikan feedback maka kedai bakso ini dapat dipastikan akan ditinggalkan pelanggannya. Hal ini mulai terbukti ketika beberapa hari kemudian kedai baksonya menjadi tidak begitu ramai. Dari kejadian diatas kami mendapat sebuah learning bahwa: Kualitas Buruk Adalah Kunci Kegagalan! Kami ingin menyampaikan bahwa ketika kita mencoba menjadi entrepreneur dan menjual produk, saran kami adalah juallah produk yang berkualitas serta lakukan evaluasi secara berkala termasuk dengan menanyakan feedback ke konsumen. Hal ini penting untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Karena jika kita tidak memperhatikan kualitas dan hanya mementingkan profit semata, maka dapat dipastikan umur bisnis kita tidak akan panjang. Kualitas baik adalah salah satu kunci kesuksesan! Maju terus rekan-rekan entrepreneur Semoga artikel ini bermanfaat :)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun