Bila kita memperhatikan fenomena yang terjadi di hampir seluruh masyarakat Indonesia sekarang ini, mulai dari usia balita,anak - anak, remaja dan dewasa bahkan kalangan Lansia ( lanjut Usia ) sudah bukan hal baru lagi untuk bercengkerama dengan Tehnologi digital.Hal ini bisa kita lihat secara nyata, ketika mereka duduk berdampingan, namun mereka asyik sendiri dengan alam virtualnya.Mereka lebih tertarik ngobrol di dunia maya dibandingkan bertemu langsung. Inilah yang dimaksud dengan "Era Menunduk."
Fenomena seperti di atas, sepertinya juga melanda dunia pendidikan Kita.Hal ini jangan terburu-buru memberi tanggapan negatif. Ternyata hal yg baru cukup menyedot perhatian anak didik kita dalam pembelajaran di kelas.Berdasarkan pengalaman saya sebagai pendidik, Kemajuan tehnologi saat ini benar - benar pesat sekali. Anak - anak cepat menyesuaikan dengan Era digital. Bahkan mereka bisa lebih kreatif dan inovatif.Untuk itu sebagai pendidik peran kita adalah memandu mereka agar bisa memanfaatkan penggunaan tehnologi secara maksimal,tepat dan berusaha memberikan yang terbaik.
Pembelajaran Abad 21 identik dengan era menunduk. Inilah Prediksi yang akan muncul.Melihat dan menimbang kekuatan era digital sangat mempengaruhi gaya hidup mereka. Semua Pendidik Mesti bijaksana menanggapi hal ini. Salah satu ciri pembelajaran Abad 21 adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa akan terbiasa mandiri dengan gadge-nya, browsing tentang hal - hal yang berkaitan dgn tugas - tugas sekolah. Sebagai Pendidik, kita mesti bisa menyesuaikan diri, memberi motivasi dan arahan pada mereka agar bisa memanfaatkan tehnologi yang ada dengan benar.
Pemilihan metode yang tepat sangat berpengaruh pada Proses pembelajaran. Salah satunya adalah KELASE. Sepertinya hal ini cocok sekali untuk Pembelajaran abad 21. Karena Siswa akan mampu belajar kapanpun dan dimanapun secara mandiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H