Berbincang – bincang tentang Penilaian adalah hal paling menarik bagi para pendidik. Mereka akan beramai – ramai mengemukakan metode dan caranya masing – masing. Ada yang masih menggunakan cara tradisionaldan ada juga yang sudah berbasis IT.
Sebenarnya kalau dilihat dari definisi yang dirumuskan para ahli, Penilaian pendidikan adalah Proses pengumpulandan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian juga merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah – langkah yang dimulai dari Perencanaan, penyusunan alat Penilaian, Pengumpulan informasi melalui sejumlah bukti. Terkadang bukti – bukti penilaian belum terdokumentasi dengan baik.
Pengalaman yangdapat saya ceritakanselama bergabung dengan KELASE.COM.. Sungguh Luar biasa. Semua dapat dikatakanbahwa Kelase menyediakan kemasan yang unik terutama dalam hal Penilaian.Kita dapat mendesain tugas tanpa harus kawatir bagaimana menilainya. Salut buat Kelase.com. Ternyata semakin masuk ke dalam semakin unik dan menarik. Penilaian yang berbasis IT ini ...Insya Allah ke depannya dapat mengikuti perkembangan jaman. Kreativitas dan inovasi yang selalu dikembangkan para perancangnyadapat memupuskan keraguan para pendidik seluruh negeri ini tentang bagaimana mendesain rancangan penilaian yang berbasis IT.
SESI 5 inimeskipun masih meraba – raba , saya sudah punya sedikit gambaran kedepannya. Cuma kendala yang saya hadapi adalahKurang terampilnya diri saya dalam pemanfaatan sumber belajar yang ada. Ternyata pada sesi ini, rekap pengumpulan tugas siswa dapat dilihat kemajuannya .
Hal ini merupakan pertanda bagus bahwa negara kita Insya Allah siap menerima tantangan Pembelajaran Abad 21.
Inilah sekilas cuplikan yang saya abadikan dalam SESI 5 :
1.Ini adalah komunitas siswa di dalam Kelase
2.Rekap kemajuan siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H