Salatiga - Sebuah terobosan menarik datang dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Tim mahasiswa yang terdiri dari Leonardus Bagas Kurniawan, Sahesti Sri Wulandari, Santoso, Yosafat Setyo Prakoso, dan Nabella Angellita Setyono, dengan bimbingan Ibu Dra. Emy Wuryani, M.Hum, telah berhasil menciptakan inovasi menarik dalam pembelajaran sejarah lewat Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 2023.
Dengan judul penelitian "Board Game Kraton Battle: Mengenal Kerajaan Besar Nusantara Melalui Pembelajaran Gamifikasi," Kelima mahasiswa memiliki tujuan untuk mengatasi masalah umum dalam pembelajaran sejarah yang sering dianggap membosankan dengan materi yang hanya hafalan. Mereka menciptakan sebuah produk pembelajaran berbasis gamifikasi yang interaktif dan menghibur. Adapun fokus materi pembelajarannya adalah empat kerajaan besar di Nusantara yaitu Majapahit, Sriwijaya, Demak, dan Mataram Islam. Yang menarik, tim ini memilih ludo, permainan papan yang populer, sebagai dasar dari boardgame mereka dengan jumlah empat kerajaan sebagai representasi jumlah empat pemain dalam satu permainan ludo standar.
Implementasi proyek dilakukan dengan siswa siswi kelas X5 SMA Kristen Satya Wacana pada Senin, 9 Oktober 2023 di Ruang Sosiologi. Hasilnya mengagumkan: siswa-siswi tidak hanya belajar sejarah dengan serius, tetapi juga sangat menikmati setiap momen bermain ludo. Dengan antusiasme yang ditunjukkan oleh siswa-siswi, proyek ini membuktikan bahwa pembelajaran sejarah dapat menjadi menyenangkan dan interaktif. Untuk informasi menarik lainnya, kunjungi akun Instagram resmi mereka @kraton_battle
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H