Menurut  Priyanto  (2014:42)  Anak  usia  dini  adalahsekelompok  manusia  yang berada dalamproses pertumbuhan dan perkembangan. Usia dini disebut juga sebagai masa emas  yang  tumbuh  dan  berkembang  sesuai  dengan  tahap  perkembangannya.  Pada  usia tersebut  anak  memiliki  berbagai  aspek  perkembangan  yang  harus  diberi  stimulus  agar berkembang  dengan  optimal  baik  itu  perkembangna  kognitif,  motoric,  bahasa,  emosional,  moral  dan  agama  serta  kreativitas.Â
Pendidikan  anak  usia  dini  bertujuan  untuk  mengembangkan  berbagai  potensi  yang dimiliki agar lebih optimal lagi  sesuaidengan  tahap perkembangannya.  Pendidikan anak usia   dini   menjadi   salah   satu   persiapan   anak   untuk   menyesuaikan   diri   dengan  lingkungannya.  Menurut  Rakimahwati  (2013)  Paud  secara  umum  bertujuan  untuk mengembangkan  berbagai  potensi  anak  sejak  dini  dengan  lingkungannya.  Artinya  Paud menjadi landasan dasar untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada pada anak baik itu  fisik  maupu  psikologisnya.Â
Terdapat  enam  lingkup perkembangan  yang  ada  pada  anak  salah  satunya  yaitu perkembangan  bahasa.  Perkembangan  bahasa  adalah  salah  satu  aspek  perkembangan yang  sangat  penting  untuk  dikembangkan  pada  anak  usia  dini  adalah  perkembangan bahasa. Menurut Rakimahwati, dkk (2018:2) perkembangan bahasa merupakan bagian dari kemampuan  yang  harus  dimiliki  anak.  Salah  satu  kemampuan  berbahasa  yang  harus dikembangkan  adalah  kemampuan  membaca,  karena  dengan  membaca  anak  dapat memahami  dan  mengerti  maksud  dari  kata  dan  kalimat,  yang  terdiri  dari  huruf-huruf  serta memahami bahwa  ada hubungan antara bahasa lisan dan tulisan. sehingga akan membantu anak  dalam  mengembangkan  aspek  perkembangan  yang  lainnya. Selanjut  Dewi  (2019) Kemampuan  berbahasa  anak  merupakan  suatu  hal  yang  penting  karena  dengan  bahasa tersebut  anak  dapat  berkomunikasi  dengan  teman  atau  orang  orang  disekitarnya.
Membaca  merupakan  salah  alat  bantu  yang  dapat  digunakan  dalam  membantu proses  pertumbuhan  dan  perkembangan   anak.  Membaca  menjadi  bagian  yang  harus dilibatkandalam  proses  pembelajaran.  Ikawati  (2013)  menyatakan  membaca merupakan salah  satu  fungsi  tertinggi dari  otak  manusia.  Membaca  menjadi  salah  satu fungsi  paling penting dalam hidup dan membaca  juga dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada  kemampuan  membaca. Sehingga  anak  yang  memperoleh  keterampilan  membaca sejak  dini akan  lebih  mudah  menyerap  informasi  dan  pengetahuan  pada  waktu-waktu selanjutnya dalam  kehidupan  anak. Ulfah  &Rahmah  (2017)  menunjukkan  bahwa kegiatan membaca harus ditanamkan ke dalam diri setiap individu. Dimana dengan membaca dapat memperoleh informasi, karena seseorang tidak bisa hanya mendengar dari orang lain saja, tetapi  juga  harus  membaca  informasi  tersebut  agar  lebih  akurat  dan  dapat  dipercaya.Â
Salah  satu  upaya  yang  perlu  dilakukan  dalam mengembangkan  kemampuan membaca  anak  yaitu   menggunakan metode  dan media  yang  menarik  dan  menyenangkan bagi  anak. Penggunaan  media  menjadi  salah  satu  menunjang  dalam  mencapai  tujuan pembelajaran.  Sehingga  dengan  adanya  media  dapat  mempermudah  dalam  prosespembelajaran  dan  pembelajaran  akan  menjadi  lebih  efektif  dengan  adanya  bantuan  dari media. Kurnia  (2017)  menyatakan  media  merupakan alat  bantu   yang   berguna    bagi pendidik  dalam membantu  tugas  kependidikannya  yang  secara umum,  media berfungsi dalam mengarahkan  murid  untuk  memperoleh  berbagai  pengalaman  belajar.  Pengalaman belajar  tergantung berdasarkan adanya  interaksi  murid  dengan   media. Arief  (2012:7) mengatakan  bahwa  media  berfungsi  sebagai  penyaluran  berita  dari  pengirim  menuju  si penerimaberita.  Dengan  demikian  media  pembelajaran  mempunya  fungsi  sebagai  alat bantu  dalam  merangsang  pikiran  serta  perhatian  yang  terpusat  terhadap  media,  sehingga proses pembelajaran terjadi. Sehingga  dengan  penggunaan  media  yang  tepat  dan sesuai  dengan tujuan pembelajaran, tentunya akan mempertinggi hasil belajar. Maka dari itu media busy  book menjadi  salah  satu  pemilihan  yang  digunakan  dalam  melatih  keterampilan membaca pada anak.
Media busy  book adalah  salah  satu  media yang  berbentuk  seperti  lembaran  buku tulis  ya ng  bahan  utama  pembuatan  media  tersebut  adalah  dari  kain  flanel  maupun  kain perca.  Setiap  halaman  dari  buku  tersebut  terdapat  berbagai  aktivitas  yang  disertai  dengan warna-warni   yang   menarik   bagi   anak   sehinnga dapat   membantu   merangsang perkembangan  pada  anak. Media busy  bookini  diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam mengembangkan kemampuan anak dalam membaca.Menurut Annisa, Agustin, &Eliyawati (2018)  busy  bookadalah  pengembangan  dari  buku  edukatif.  Busy  book terbuat  dengan bahan  kain  flanel   dengan  warna  yang  menarik  dan  tidak  berbahaya  untuk  anak,  dengan ukuran  25  x  25  cm.   proyek  mengembangkan  keterampilan  anak  seperti  mengancingkan, beberapa  konsep  juga  mengajarkan  seperti  menghitung,  mengenal  ukuran,  bentuk  dan warna,  mengelompokan  bentuk  dan  warna. Â
 Menggunakan media busy  bookdalam  menstimulasi  kemampuan  membaca,  anak akantertarik untuk belajar karena anak bersemangat untuk menggunakan media busy book. Karena  media busy  book memiliki warna-warni,  terdapat  beberapa  gambar  dan  kata, sehingga  menarik  perhatian  anakuntuk  belajar.  Hal  tersebut  diperkuat  denngan  pendapat Ratnanningsih  (2019)  media busy  bookadalah  media  interaktif   yang  dapat  menarik perhatian  anak,  membuat  anaklebih  aktif,  dan menjadikan  pembelajaran menjadi menyenangkan. Kaitann  media busy  book dengan  kemampuan  membaca  anak  karena media ini  dapat  menarik  perhatian  anak  untuk  belajar.  Media busy  book dapat  menarik perhatian  anak,  anak  akan termotivasi  untuk  belajar,  sehingga  dapat menstimulasi kemampuan membaca anak.Â
Dalam  mengembangkan  kemampuan  membaca  sangat  perlu  adanya  kemampuan yang  dimiliki  guru  agar  pembelajaran  berjalan  dengan  baik  dan menyenangkan  bagi  anak dan anak  tidak  merasa  bosan.  Selain  itu  dalam  menstimulasi  kemampuan  membaca harus memperhatikan  karakteristik  anak,  karena setiap  anak  memiliki  karakteristik  yang  berbeda-beda. Dalam proses menstimulasi kemampuan membacamedia busy book dapat membantu dalam  menstimulasi  kemampuan  membaca  anak  karena  media busy  book mudah  dibawa kemana-mana dan berbahan dasar kain flanel yangmemiliki aktivitas menarik yang disertai gambar dan warna-warnidari  setiap  haman. Sehingga menjadi  lebih  menyenangkan  bagi anak dalam menstimulasi kemampuan membaca anak.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H