Menurut Priyanto (2014:42) Anak usia dini adalahsekelompok manusia yang berada dalamproses pertumbuhan dan perkembangan. Usia dini disebut juga sebagai masa emas yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Pada usia tersebut anak memiliki berbagai aspek perkembangan yang harus diberi stimulus agar berkembang dengan optimal baik itu perkembangna kognitif, motoric, bahasa, emosional, moral dan agama serta kreativitas.
Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki agar lebih optimal lagi sesuaidengan tahap perkembangannya. Pendidikan anak usia dini menjadi salah satu persiapan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Menurut Rakimahwati (2013) Paud secara umum bertujuan untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini dengan lingkungannya. Artinya Paud menjadi landasan dasar untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada pada anak baik itu fisik maupu psikologisnya.
Terdapat enam lingkup perkembangan yang ada pada anak salah satunya yaitu perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa adalah salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan pada anak usia dini adalah perkembangan bahasa. Menurut Rakimahwati, dkk (2018:2) perkembangan bahasa merupakan bagian dari kemampuan yang harus dimiliki anak. Salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikembangkan adalah kemampuan membaca, karena dengan membaca anak dapat memahami dan mengerti maksud dari kata dan kalimat, yang terdiri dari huruf-huruf serta memahami bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dan tulisan. sehingga akan membantu anak dalam mengembangkan aspek perkembangan yang lainnya. Selanjut Dewi (2019) Kemampuan berbahasa anak merupakan suatu hal yang penting karena dengan bahasa tersebut anak dapat berkomunikasi dengan teman atau orang orang disekitarnya.
Membaca merupakan salah alat bantu yang dapat digunakan dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Membaca menjadi bagian yang harus dilibatkandalam proses pembelajaran. Ikawati (2013) menyatakan membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi dari otak manusia. Membaca menjadi salah satu fungsi paling penting dalam hidup dan membaca juga dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Sehingga anak yang memperoleh keterampilan membaca sejak dini akan lebih mudah menyerap informasi dan pengetahuan pada waktu-waktu selanjutnya dalam kehidupan anak. Ulfah &Rahmah (2017) menunjukkan bahwa kegiatan membaca harus ditanamkan ke dalam diri setiap individu. Dimana dengan membaca dapat memperoleh informasi, karena seseorang tidak bisa hanya mendengar dari orang lain saja, tetapi juga harus membaca informasi tersebut agar lebih akurat dan dapat dipercaya.
Salah satu upaya yang perlu dilakukan dalam mengembangkan kemampuan membaca anak yaitu menggunakan metode dan media yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Penggunaan media menjadi salah satu menunjang dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga dengan adanya media dapat mempermudah dalam prosespembelajaran dan pembelajaran akan menjadi lebih efektif dengan adanya bantuan dari media. Kurnia (2017) menyatakan media merupakan alat bantu yang berguna bagi pendidik dalam membantu tugas kependidikannya yang secara umum, media berfungsi dalam mengarahkan murid untuk memperoleh berbagai pengalaman belajar. Pengalaman belajar tergantung berdasarkan adanya interaksi murid dengan media. Arief (2012:7) mengatakan bahwa media berfungsi sebagai penyaluran berita dari pengirim menuju si penerimaberita. Dengan demikian media pembelajaran mempunya fungsi sebagai alat bantu dalam merangsang pikiran serta perhatian yang terpusat terhadap media, sehingga proses pembelajaran terjadi. Sehingga dengan penggunaan media yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, tentunya akan mempertinggi hasil belajar. Maka dari itu media busy book menjadi salah satu pemilihan yang digunakan dalam melatih keterampilan membaca pada anak.
Media busy book adalah salah satu media yang berbentuk seperti lembaran buku tulis ya ng bahan utama pembuatan media tersebut adalah dari kain flanel maupun kain perca. Setiap halaman dari buku tersebut terdapat berbagai aktivitas yang disertai dengan warna-warni yang menarik bagi anak sehinnga dapat membantu merangsang perkembangan pada anak. Media busy bookini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan kemampuan anak dalam membaca.Menurut Annisa, Agustin, &Eliyawati (2018) busy bookadalah pengembangan dari buku edukatif. Busy book terbuat dengan bahan kain flanel dengan warna yang menarik dan tidak berbahaya untuk anak, dengan ukuran 25 x 25 cm. proyek mengembangkan keterampilan anak seperti mengancingkan, beberapa konsep juga mengajarkan seperti menghitung, mengenal ukuran, bentuk dan warna, mengelompokan bentuk dan warna.
Menggunakan media busy bookdalam menstimulasi kemampuan membaca, anak akantertarik untuk belajar karena anak bersemangat untuk menggunakan media busy book. Karena media busy book memiliki warna-warni, terdapat beberapa gambar dan kata, sehingga menarik perhatian anakuntuk belajar. Hal tersebut diperkuat denngan pendapat Ratnanningsih (2019) media busy bookadalah media interaktif yang dapat menarik perhatian anak, membuat anaklebih aktif, dan menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan. Kaitann media busy book dengan kemampuan membaca anak karena media ini dapat menarik perhatian anak untuk belajar. Media busy book dapat menarik perhatian anak, anak akan termotivasi untuk belajar, sehingga dapat menstimulasi kemampuan membaca anak.
Dalam mengembangkan kemampuan membaca sangat perlu adanya kemampuan yang dimiliki guru agar pembelajaran berjalan dengan baik dan menyenangkan bagi anak dan anak tidak merasa bosan. Selain itu dalam menstimulasi kemampuan membaca harus memperhatikan karakteristik anak, karena setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dalam proses menstimulasi kemampuan membacamedia busy book dapat membantu dalam menstimulasi kemampuan membaca anak karena media busy book mudah dibawa kemana-mana dan berbahan dasar kain flanel yangmemiliki aktivitas menarik yang disertai gambar dan warna-warnidari setiap haman. Sehingga menjadi lebih menyenangkan bagi anak dalam menstimulasi kemampuan membaca anak.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI