Mohon tunggu...
Eni Rohaeni
Eni Rohaeni Mohon Tunggu... Guru - Saya bekerja di SMPN 1 CISAGA sebagai guru

saya mengajar di SMPN 1 CISAGA dari tahun 2005 sampai sekarang. yang akan saya tulis berupa karya ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Best Practice Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran dengan Menggunakan Metode STAR

22 November 2023   15:00 Diperbarui: 22 November 2023   15:06 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengikuti PPG Daljab tahun 2023 gelombang 2, dalam kegiatan PPG ini banyak ilmu yang saya dapatkan. Saya akan membagikan Best Practice yang saya tulis mengenai Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) yang telah saya lakukan.

Lokasi : SMPN 1 CISAGA  Jln. Rancah No. 16 Cisaga Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi Keanekaragaman Hayati Indonesia

Penulis : Eni Rohaeni

Tanggal : 13 November 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. 

Keterampilan berkolaborasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus ditumbuhkan melalui kegiatan pembelajaran. Rendahnya keterampilan berkolaborasi tampak ketika peserta didik enggan untuk bekerja sama dengan teman yang bukan pilihannya. Peserta didik cenderung tidak mampu saling melengkapi antarteman untuk menyelesaikan persoalan dan menghasilkan ide-ide. Peserta didik juga masih malu untuk menanyakan tugas maupun materi yang belum dipahami kepada temannya.

Rendahnya keterampilan berkolaborasi pada peserta didik ini salah satunya disebabkan oleh kegiatan pembelajaran satu arah dan hanya berpusat kepada guru sehingga cenderung monoton. Peserta didik hanya diberi kesempatan untuk saling memberi atau meminta bantuan dalam menyelesaikan soal latihan. Peserta didik langsung dibebaskan untuk berkolaborasi dengan siapapun tanpa diarahkan dan dibentuk kelompok terlebih dahulu.

Sebagai seorang guru penulis bertanggung jawab untuk memperbaiki kondisi ini sehingga keterampilan berkolaborasi peserta didik dapat ditingkatkan. Sebagai solusi, penulis melakukan aksi untuk meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik pada pembelajaran IPA pokok bahasan Keanekaragaman Hayati indonesia. Dengan demikian praktik ini penting untuk dibagikan agar menjadi motivasi dan referensi teman sejawat jika menghadapi permasalahan yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun