Mohon tunggu...
Eni Fitria Bisaroh
Eni Fitria Bisaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi angkatan'19

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Evaluasi Pembelajaran AUD diTKIT Insan Teladan

21 Desember 2021   12:08 Diperbarui: 21 Desember 2021   12:30 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS


Disaat ini lah anak mulai mengenal pendidikan disaat anak sudah mulai masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Disaat anak sudah mulai masuk pendidikan taman kanak-kanak disini ada kegiatan yang berbagai macam bisa belajar sambil bermain seperti menggunakan metode bermain yang kemungkinan besar anak menjadi senang dengan adanya metode bermain ini anak bisa melakukan percobaan-percobaan kegiatan belajar dengan belajar sambil bermain agar anak mudah untuk memahami apa yang sudah didapatkan. Disinilah kita juga harus menerapkan hasil evaluasi dari hasil pembelajaran tersebut.

Evaluasi itu sendiri ialah proses pengumpulan atau untuk mendapatkan informasi data dari proses pembelajaran disuatu sekolah. Evaluasi pembelajaran ini mempunyai beberapa tujuan yaitu menilai yang sudah dicapai dalam belajar anak,aspek belajar yang serba bervariasi,memotivasi belajar anak,dan untuk bertujuan sebagai bimbingan dan konseling. Dengan adanya evaluasi ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengenai metode-metode dalam pembelajaran selanjutnya .

Setelah saya melakukan wawancara atau berbicara banyak dari salah satu guru disekolah TK yang berada di daerah saya yang  kita bahas tentang jenis-jenis evaluasi pembelajaran apa saja yang sudah diterapkan dalam pembelajarannya dan jenis evaluasi apa yang tidak diterapkannya dalam sekolah serta mengapa atau alasannya apa menggunakan evaluasi tersebut. Dengan adanya wawancara ini dapat bertujuan supaya mengetahui lebih lanjut mengenai evaluasi atau penilaian yang berada disekolah TK ini dan menambahkan saya wawasan yang lebih luas serta bertambahnya ilmu yang saya dapatkan dan mempererat hubungan dengan lingkungan yang berada disekitarnya . Berikut ini adalah hasil dari wawancara diTKIT Insan Teladan :

1. Teknik Evaluasi Yang Digunakan Dan Alasannya  

Setelah wawancara kepada salah satu guru teknik apa saja yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran diTKIT Insan Teladan yaitu Evaluasi program pembelajaran, penetapan dalam proses pembelajaran,evaluasi proses,evaluasi hasil pembelajaran. Dalam evaluasi proses guru mengamati bagaimana proses dalam belajar anak ini,setelah itu dilakukannya evaluasi dari pembelajaran. Penetapan dalam proses pembelajaran dikarenakan mencakup kesesuaian antara proses pembelajaran dan dengan ditetapkannya program pembelajaran. Dan dari evaluasi program pembelajaran ialah mencakup semua tujuan pembelajaran, isi program pembelajaran, strategi dalam belajar mengajar, aspek-aspek program pembelajaran dan lainnya. Ada Alasan tersendiri dari menggunakan teknik evaluasi tersebut adalah Untuk meningkatkan penguasaan anak terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh guru dan sekolah.

2. Teknik Evaluasi yang Tidak diGunakan Dan Alasannya

Dari wawancara yang sudah saya bahas bersama salah satu guru diTKIT Insan Teladan tidak dilakukannya menggunakan evaluasi tes(percobaan).Alasannya dikarenakan Evaluasi menggunakan tes ini tidak efektif untuk digunakan pada pendidikan kanak-kanak, karena Jika melakukan kegiatan tersebut anak akan mudah bosan dan mungkin ada juga anak yang masih sulit untuk mengerjakannya tanpa adanya bantuan dari guru atau orang tua serta juga masih ada yang belum bisa membaca serta ada juga yang belum bisa menulis dengan jelas.

Dapat disimpulkan bahwa dari sekolah TK tersebut lebih menggunakan evaluasi Evaluasi program pembelajaran,penetapan program pembelajaran ,evaluasi proses,dan evaluasi hasil pembelajaran. Dikarenakan mempunyai alasan yang bagus untuk mengetahui penguasaan dari anak-anak setelah pembelajaran.
Menurut saya juga sudah bagus dalam jenis-jenis evaluasi yang digunakan dan yang tidak digunakan bisa dicoba tetapi dalam bentuk yang mudah agar bisa dipahami oleh anak bisa juga dilakukan dengan cara metode bermain supaya anak bisa merasa senang .

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun