Pada akhir modul 3.3 Jurnal refleksi dwimingguan saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari dari modul 3.3.ini dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa. Dalam menulis jurnal, kembali saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 3.3. dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa.
1. Â Â Â Â Fact (Peristiwa)
Saya memulai mempelajari modul 3.3. dengan topik Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa di LMS dengan alur MERDEKA, yakni:
a. Â Â Â Â Mulai dari Diri
Pada tanggal 28 Februari 2024, saya mulai mempelajari modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Siswa dengan mengerjakan tugas yang ada di bagian Mulai dari Diri. Tujuan kegiatan Mulai dari Diri adalah melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.
Di bagian awal Mulai dari Diri 3.3., ada pertanyaan pemantik, yakni:
Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?
Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?
Jawaban saya:
Program yang berdampak kepada murid adalah program yang buat sesuai kebutuhan murid untuk mengembangkan potensi murid dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.