Pembelajaran Berdiferensiasi
By : Enida
CGP Angkatan 09 Kabupaten Muara Enim
Kesimpulan
Pembelajaran Berdiferensiasi
Pada konteks kurikulum Merdeka Pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang memungkinkan guru untuk merancang pengalaman belajar yang relevan, menantang dan bermakna bagi setiap siswa didalam kelas.
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dikelas
- Menentukan tujuan pembelajaran
- Menganalisis kebutuhan belajar dengan melakukan asesmen diagnostic (kognitif dan non kognitif) berdasarkan tiga aspek (kesiapan, minat, profil belajar murid)
- Menganalisis penerapan tiga strategi diferensiasi (konten, proses, produk)
- Mengimplementasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran dikelas
- Melakukan asesmen pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid
Strategi Pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
1. - Â Diferensiasi konten
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!