Peran Seorang Coach Disekolah Dan Keterkaitannya Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Sosial Emosional
                     (Koneksi Antar Materi Modul 2.3)
                       Endik Kuswantoro, S.kom, M.T
                      CGP Angkatan 7 Kab. Trenggalek
Bagaimana peran Anda sebagai seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di paket modul 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial dan emosi?Â
Seorang coach di sekolah memiliki peran penting dalam mendukung pengembangan siswa secara holistik. Coach tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga membantu siswa dalam pengembangan sosial dan emosional mereka. Dalam hal ini, saya akan menjelaskan peran seorang coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi pembelajaran berdiferensiasi serta pembelajaran sosial dan emosi.
Peran Seorang Coach di Sekolah
Setelah mempelajari modul 2.3 ini saya sangat senang sekali dan mendapatkan suatu pengalaman baru dalam hal pengajaran yaitu dilatih menjadi seorang coach di sekolah berperan sebagai mentor dan fasilitator dalam membantu siswa dalam mencapai tujuan mereka, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam hal ini saya sering kali dimintai pendapat murid saya dalam hal akademik ataupun masalah pribadi, masalah sosial dan emosional yang dihadapi oleh siswa sangat bermacam – macam, seperti masalah kepercayaan diri, hubungan dengan teman sebaya, dan mengelola emosi.Â
Selain sebagai mentor atau guru saya dapat memberikan dukungan moral dan mendengarkan siswa yang mengalami kesulitan. Dengan demikian, sebagai coach dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional mereka, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. dengan bekal ilmu yang saya dapat dari modul 2.3 ini mengenai coaching saya dapat dengan mudah membantu mereka untuk menguraikan masalah dan menemukan solusi yang akan dicapai untuk tujuan tertentu.
Keterkaitan dengan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi
Materi pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individual siswa dalam belajar. Dalam hal ini seorang Coach dapat membantu guru atau rekan sejawat dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang berdiferensiasi dan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Coach dapat memberikan ide dan saran bagi guru dalam merancang materi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Ada beberapa pertanyaan dalam proses coaching yang dapat ditanyakan untuk menggali kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yaitu :
1. Apakah konsep materi pembelajaran sudah cukup relevan dengan kebutuhan dan minat siswa ?
2. Apakah guru sudah menerapkan pembelajaran yang berbasis IT yang sesuai perkembangan zaman ?
3. Apakah ada aspek kritis dan reflektif dalam konsep materi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis ?