Mohon tunggu...
Endang Rahayu
Endang Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya hobi memasak dan bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam Pencapaian Tujuan SDGs Melalui Program Asistensi Mengajar

23 Mei 2023   20:09 Diperbarui: 17 Juni 2023   19:17 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengalaman Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Turen, pada tanggal 26 Januari 2023 saya bersama teman-teman saya saya berangkat dari Kota Malang ke Kabupaten Malang, Kecamatan Turen tepatnya di SMK Negeri 1 Turen. 

Di SMK Negeri 1 Turen kami melakukan kegiatan survei sekolah dan kami sudah membuat janji temu dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum yaitu ibu Susiatining Rahayu. 

Sesampainya di SMK Negeri 1 Turen kami sambut baik dengan guru-guru dan dipersilahkan masuk ke aula Graha Saraswati. Di dalam aula ibu Susiatining Rahayu selaku waka kurikulum menyambut kami dengan ucapan selamat datang, dan memperkenalkan SMK Negeri 1 Turen secara menyeluruh, memperkenalkan jurusan apasaja yang ada di SMK Negeri 1 Turen, membahas pembagian kelompok guru pamong hingga ruangan yang akan kami tempati selama mengikuti Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Turen. Pembagian guru pamong di jurusan Akuntansi adalah ibu Aulia Arie Fatmi menjadi guru pembimbing Adelin dan Dwi Cahya, ibu Retno Mayasari menjadi guru pembimbing Endang (saya sendiri) dan Imassella, dan ibu Devi Nur Rahmawati F menjadi guru pembimbing Yulianti dan Selvia. 

Setelah pembagian guru pamong kami mengetahui kelas mana yang akan kami pegang untuk diajar, dan diketahui bahwa saya dan Imassella mengajar kelas X Akuntansi 3. Pada hari yang sama, kami dipersilahkan untuk berkeliling sekolah dan melihat lab Akuntansi. Selama berkeliling, banyak hal yang menarik perhatian saya, salah satunya adalah ramahnya siswa siswi SMK Negeri 1 Turen.

Pada tanggal 02 Februari 2023 saya, dan teman-teman Asistensi Mengajar dari jurusan Akuntansi kembali datang ke sekolah untuk menemui guru pembimbing kami. Saya dan Imassella menemui ibu Retno selaku guru pembimbing kami, kemudian dipersilahkan untuk ikut ke dalam kelas yang akan kami ajar, melihat situasi kelas itu, memperhatikan ibu Retno mengajar di depan kelas dan memperkenalkan diri kepada siswa siswi di kelas X Akuntansi 3. 

Setelah kelas selesai, saya dan Imassella konsultasi dengan ibu Retno terkait apa saja yang harus disiapkan untuk mengajar, saat itu kami diberikan tugas membuat RPP untuk pertemuan selanjutnya beserta modul ajar sesuai dengan CP yang akan diajarkan kepala siswa, dan ibu Retno memberitahukan kepada kami bahwa dalam satu minggu kami akan mengajar selama 12 jam yang terbagi dalam 3 hari, yaitu hari selasa selama 4 jam, rabu selama 4 jam dan juga kamis selama 4 jam. Pada mata pelajaran Dasprog Akuntansi kami mengisi jam bergantian antara saya dan Imassela di hari selasa, rabu dan kamis. 

Kelas X Akuntansi 3 diserahkan sepenuhnya kepada saya dan Imassella dikarenakan guru pembimbing kami yaitu ibu Retno akan mengambil cuti melahirkan, sehingga selama beliau cuti kelas akan dipegang penuh oleh saya dan Imassella, dengan catatan tetap berkonsultasi secara online dengan ibu Retno.

Pada tanggal 06 Februari 2023 hari senin mahasiswa resmi masuk atau berkegiatan di lingkungan sekolah SMK Negeri 1 Turen di hari itu kami tidak disarankan untuk mengikuti upacara bendera. Kami diminta datang pada pukul 08:00 AM dan masuk ke aula Saraswati untuk acara pengantaran mahasiswa Asistensi Mengajar dan membahas proker kedepannya yang akan dilakukan di lingkungan sekolah SMK Negeri 1 Turen. Setelah dari aula Saraswati, kami dari jurusan Akuntansi langsung masuk ke dalam ruang guru Akuntansi hingga pulang pada pukul 15:00 PM

Kesan pertama masuk kelingkungan sekolah adalah senang dan bahagia karena guru-guru dan siswa siswi disana menerima kami dengan terbuka, hari selanjutnya tepatnya hari selasa 07 Februari 2023 saya mendampingi Imassella mengajar di kelas tepatnya di ruang lab Akuntansi B204. 

Pertama kali masuk kelas saya dan Imassella memperkenalkan diri lagi, hari itu pertama kali mengajar di depan siswa rasanya campur aduk, senang, takut, malu, gemeteran dan lain-lain. Tetapi pada saat itu siswa menerima saya dengan senang dan happy. 

Pada tanggal 28 Februari 2023 sekolah SMK Negeri 1 Turen mengadakan gelar kolaborasi untuk jurusan Tata Busana, Tata Boga dan  Perhotelan. Walaupun saya bukan dari salah satu jurusan tersebut, tetapi saya dan mahasiswa Asistensi Mengajar lainnya selalu dilibatkan dalam acara apapun. Saat itu, saya ditugaskan untuk menerima tamu wali murid dari siswa-siswi ketiga jurusan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun