Mohon tunggu...
endah sugiprihatin
endah sugiprihatin Mohon Tunggu... Guru - GURU

Menari dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Mata Pelajaran Seni Tari SMP Kelas 7

25 Januari 2023   14:28 Diperbarui: 25 Januari 2023   14:33 1142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pelaksanaan PPL 

Saya menyusun cerita praktik baik (Best Practice) menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) terkait pengalaman mengatasi permasalahan siswa dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Lumbir. Subyek yang saya pilih yaitu siswa kelas 7A. Tujuan yang ingin saya capai pada kegiatan PPL Aksi 1 adalah Guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam materi tari tradisional (Tari Baladewan). Pelaksanaan PPL Aksi 1 pada tanggal 10 dan 13 Desember 2022. 

Masih banyak peserta didik  kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran seni tari . Peserta didik tidak aktif untuk mengungkapkan pendapat, sehingga pembelajaran yang diterapkan masih berbasis LOTS. Sehingga sangat berdampak pada pembelajaran di kelas  terutama mengenai materi tari tradisional daerah setempat (tari Baladewan). Berdasarkan masalah tersebut maka dapat dirumuskan bahwa penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan belum memakai model pembelajaran yang inovatif  dan kontekstual.

Maka dari itu sebagai guru, kita harus melakukan inovasi dalam merancang serta mengembangkan perangkat pembelajaran, baik dari segi metode, model, media pembelajaran, sehingga guru bisa menerapkan model pembelajaran yang tepat, sehingga keaktifan

peserta didik dalam pembelajaran meningkat dan berdampak pada hasil prestasi peserta didik. Saya tertarik untuk menggunakan model kooperatif Jigsaw karena model tersebut dirasa cocok dengan kondisi yang dialami.

Kelebihan Pembelajaran Jigsaw:

1. Meringankan tugas guru dalam mengajar, karena sudah ada kelompok ahli yang bertugas menjelaskan materi kepada teman-teman dalam kelompoknya.

2. Pemerataan penguasaan materi oleh siswa dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat dan siswa dapat menguasai pelajaran yang disampaikan dengan lebih baik.

3. Dapat melatih siswa untuk lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat.

4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain.

5. Setiap siswa memiliki kesempatan menjadi ahli dalam kelompoknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun