TIGA TIPE GAYA BELAJARÂ
Penting bagi guru untuk mengetahui gaya belajar atau modalitas yang dimiliki siswa dalam menerima informasi yang diberikannya. Setiap siswa memiliki perbedaan dalam menerima informasi yang disampaikan oleh guru, ada yang cepat dan lambat. Guru dituntut untuk dapat mengetahui bagaimana cara siswa dalam menangkap informasi yang diberikan olehnya. Menurut Handayani (2013) efektif atau tidak cara belajar siswa bergantung pada kecenderungan gaya belajar masing-masing siswa. Gaya belajar adalah cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal (Nasution, 2008). Menurut DePorter & Hernacki terdapat tiga gaya belajar seseorang yaitu:
A. VisualÂ
Gaya belajar ini menitikberatkan pada penglihatan, siswa dengan gaya belajar ini memiliki ciri sebagai berikut:
- Teratur, berpenampilan rapi
- Mengingat dengan gambar
- Lebih suka membaca dari pada dibacakan
- Menangkap dengan detail dan mengingat apa yang dilihatÂ
B. AuditorialÂ
Gaya belajar ini menitikberatkan pada pendengaran, siswa dengan gaya belajar ini mampu mengakses semua jenis bunyi dan kata baik yang diciptakan maupun diingat. Siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dapat dicirikan sebagai berikut:
- Belajar dengan cara menggerakkan bibir atau bersuara saat membaca
- Mudah terganggu dengan kebisingan
- Berbicara dengan pola berirama
- Berdialog secara internal dan eksternal Â
C. Kinestetis
Gaya belajar ini menitiberatkan pada gerak, untuk dapat mengingat suatu informasi tertentu biasanya dengan cara menyentuh atau memegang. Ciri siswa yang memiliki gaya belajar kinestetis adalah sebagai berikut:
- Belajar dengan cara melakukan
- Banyak bergerak
- Mengingat sambal berjalan dan melihat
- Menanggapi secara fisik
SUMBER
DePorter, B., Reardon, M. & SingerNourie, S. 1999. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Terjemahan oleh Ari Nilandri. 2000. Bandung: Kaifa
Handayani, A., Setyawan, T. I., & Karsih, K. (2013). Profil gaya belajar siswa SMP al Ma’mur Jakarta Pusat. 2(http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/issue/view/321). https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.03