Mohon tunggu...
aep saefulloh
aep saefulloh Mohon Tunggu... polri -

Asrama brimob kwitang jl.prapatan senen hp 085716971998

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berawal dari Buku, "Event," dan "View" Kompasiana

7 November 2017   17:13 Diperbarui: 7 November 2017   17:17 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto : www.harrismaulana.blogspot.com

Hobiku membaca membuatku sering kali jalan-jalan ketoko buku gramedia untuk mencari buku obralan yang harganya lumayan murah, dengan uang Rp.100.000 aku bisa memiliki beberapa buku yang menarik. Ketika melihat-lihat buku obralan aku melihat judul buku yang cukup menarik berjudul "Rezeki Nomplok Dari kontes blog" penulis Haris Maulana salah satu blogger dari Kompasiana. 

Buku tersebut yang membuatku penasaran membacanya bagaimana caranya sebuah blog dapat dijadikan kontes? yang kukenal selama ini untuk mendapatkan penghasilan dari blog didapatkan melaui google adsent maupun dari iklan ppc ( pay per clik). Dari buku mas Haris ini mencerikan pengalamanya mendapatkan beberapa kompetisi dari blognya yang hadiahnya cukup menggiurkan. Beliau pun dalam bukunya mencantumkan beberapa hasil tulisanya yang pernah berhasil menjadi juara, hasil tulisnya beliau dalam kontes blog membuatku terkagum dan menurutku beliau seorang cerdas dalam menulis. 

Dalam bukunya beliau mengajarkan trik untuk menjuarai kontes blog dan merekomodasikan beberapa website yang sering mengadakan lomba menulis blog salah satunya adalah kompasiana. 

gambar : www.mssudiyanti.blogspot.com
gambar : www.mssudiyanti.blogspot.com
Ketika itu aku langsung membuka website kompasiana melalui smartphone hasil luar biasa banyak sekali perlombaan menulis blog yang ada, aku langsung mendaftarkan diri dikompasiana agaar bisa ikut lomba itu. Event pertama yang aku ikuti dalam lomba blog itu adalah dari Bank Indonesia dengan tema "stabilitas keuangan". Aku mencoba ikut dalam kompetisi tersebut dengan tulisan perdanaku dikompasiana berjudul "koperasi kunci stabilitas keuangan" pada tanggal 21 November 2014. 

Karena masih newbe akhirnya hasil yang didapatkan aku gagal dalam mendapatkan hadiah yang diinginkan. Dari kegagalan itu membuatku memotivasi untuk terus menulis dikompasiana, Karena ada sebuah kata motivasi dari Abraham lincoln " yang penting bukanlah berapa kali aku gagal, tapi yang penting berapa kali aku bangkit dari kegagalan" kata-kata itu menjadikan ku untuk terus untuk maju dalam menulis di blog kompasiana.

Dalam menulis blog di kompasiana ini ternyata ada kebahagian tersendiri yaitu ketika tulisan ku ini mendapat views atau pengujung lebih dari seratus aku merasa bahagia karena karena hasil karyaku ini dapat dinikmati oleh banyak orang. Sekarang aku mempunyai prinsip dalam mengikuti perlombaan dalam kompasiana suatu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan namun yang terpenting adalah mendapatkan kebahagian dengan cara menulis secara terus menerus agar  hasil tulisanku ini dapat dinikmati oleh orang banyak. 

Setiap kali aku menulis dikompasiana yang sudah ditayangkan, paling banyak hanya 4 - 5 kali untuk membaca kembali tulisanku ini untuk dishare diakun medsos tujuannya agar mengetahui berapa banyak views dalam tulisan yang aku buat dibaca oleh orang lain. Dalam menulis dikompasiana ini aku jadikan sebuah hobi untuk mendapatkan kesenangan dan menulis secara bebas. Aku berpikir banyak sekali manfaat dari kita menulis terutama untuk diri pribadi agar melatih otak kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Harapan saya di Hut kompasiana yang ke-9 menjadikan kompasiana lebih kreatif dan inovatif dalam perkembangan dunia teknologi yang makin berkembang.

gambar : www.kompasiana.com
gambar : www.kompasiana.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun