Pembelajaran merupakan suatu upaya sistematis untuk memfasilitasi dan meningkatkan proses belajar. Didalam pembelajaran terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan yaitu tujuan, materi, kegiatan dan evaluasi. Kegiatan pembelajaran mengacu pada penggunaan pendekatan, strategi, metode dan teknik guna membangun proses belajar, agar tercapai secara optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pendekatan merupakan titik awal yang digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran, yang selanjutnya akan mempengaruhi strategi, metode dan teknik pembelajaran.
Strategi pembelajaran yaitu suatu rangkaian yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber yang dimiliki. Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan karena untuk mempermudah proses pembelajaran. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran sulit tercapai secara optimal. Ada beberapa jenis strategi pembelajaran yang dapat kita pertimbangkan untuk digunakan ketika kita akan mengajar seperti strategi pembelajaran ekpositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbassis masalah (SPBM), strategi pembelajaran kooperatif, contextual teaching and leraning (CTL), strategipembelajaran efektif, strategi pembelajaran kuantum, dan strategi pembelajaran berbasis computer.
Setelah seorang guru menerapkan strategi atau rencana apa yang akan digunakan, selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu mengenai metode apa yang akan digunakan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran itu sendiri yang pada intinya metode itu digunakan untuk menyampaikan materi kepada siswa, itu berarti dalam memilih metode harus tepat. Metode juga digunakan untuk memperkuat strategi. Ada banyak metode yang dapat kita gunakan. Setiap metode itu memiliki kekurangan dan kelebihan, tinggal bagaimana cara kita memaksimalkan dalam menggunakan metode itu sendiri, tidak harus terpaku, tetapi menyesuaikan dengan kondisi siswa itu sendiri dan harus sesuai dengan tujuan belajar itu sendiri. Metode tersebut diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode pemberian tugas, metode eksperimen, metode demonstrasi, metode simulasi, metode latihan, metode karya wisata, dan metode pengajaran unit. Seperti halnya pembaharuan dalam strategi, metode juga mengalami pembaharuan.
Sedangkan teknik pembelajaran merupakan suatu cara yang dilakukan dalam menggunakan/pelaksanaan suatu metode pembelajaran yang dipakai. Seorang guru dapat menggunakan teknik yang berbeda-beda walaupun tetap dalam metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu teknik syarahan, teknik perbincangan, teknik projek, teknik menyelesaikan masalah dan sebagainya.
Jadi, didalam kegiatan pembelajaran terdapat pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang saling berkaitan erat. Oleh karena itu strategi, metode dan teknik yang dipakai harus sesuai dengan pendekatan yang dipakai. Jika suatu pendekatan yang dipakai mengalami pembaharuan, maka secara otomatis strategi, metode dan teknik juga akan mengalami pembaharuan. Pembaharuan dilakukan untuk memperbaiki yang sudah, pada intinya untuk mencapai suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H