Mohon tunggu...
Encep Nurdin S.Pd
Encep Nurdin S.Pd Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG

Saya seorang guru Biologi alumni dari UNPAS Tahun 2001 yang mempunyai hobby sebagai Fotografer, Videografer dan Editor untuk konten-konten film pendek, video tutorial, fotografer wedding dan lain-lain. Selain itu saya juga seorang penulis Artikel dengan tema bebas yang berhubungan dengan kemanusiaan serta menyukai traveling, camping dan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam. Contact Person : 0881022164165

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengelola Karakter Peserta Didik SMA dengan Menerapkan Disiplin Positif

18 Juli 2024   11:18 Diperbarui: 18 Juli 2024   11:25 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana pembekalan karakter untuk peserta didik di SMAN 1 PARONGPONG, Sumber Foto : Dokpri

Assalamualaikum Wr.Wb

Apa kabar rekan-rekan guru hebat di seluruh Indonesia, semoga kita semua selalu dalam lindungan Alloh SWT amin YRA, pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah tulisan sederhana mengenai cara "Mengelola Karakter Peserta Didik SMA dengan Menerapkan Disiplin Positif". 

 Masa SMA menjadi periode krusial dalam perjalanan hidup remaja. Di fase ini, mereka mulai melangkah menuju kedewasaan, membangun identitas diri, dan merajut masa depan mereka. Di sinilah peran sekolah, sebagai rumah kedua, menjadi sangat esensial dalam membimbing dan mengantarkan para remaja menuju gerbang kesuksesan.

Salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan adalah pengembangan karakter. Karakter yang kokoh menjadi pondasi bagi para remaja untuk menjadi individu yang tangguh, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Dalam hal ini, penerapan disiplin positif di sekolah tingkat SMA dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengelola karakter peserta didik dan membangun lingkungan belajar yang kondusif.

Disiplin Positif: Sebuah Pendekatan Baru

Berbeda dengan disiplin tradisional yang berfokus pada hukuman dan kontrol, disiplin positif berlandaskan pada prinsip saling menghormati, membangun hubungan positif, dan mendorong self-regulation pada peserta didik. Pendekatan ini menekankan pentingnya membantu remaja untuk memahami konsekuensi dari tindakan mereka dan mengembangkan tanggung jawab atas pilihan mereka.

Prinsip-Prinsip Fundamental Disiplin Positif

Penerapan disiplin positif di SMA didasarkan pada beberapa prinsip fundamental, yaitu:

  • Membangun Hubungan yang Positif: Guru dan peserta didik harus memiliki hubungan yang saling menghormati, mempercayai, dan saling mendukung.
  • Menfokuskan pada Solusi: Alih-alih hanya menghukum, guru harus membantu peserta didik untuk menemukan solusi atas permasalahan mereka dan belajar dari kesalahan.
  • Mengajarkan Keterampilan Hidup: Guru harus membekali peserta didik dengan keterampilan hidup yang penting, seperti komunikasi efektif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan self-management.
  • Memberikan Penguatan Positif: Guru harus memberikan pujian dan penghargaan atas perilaku yang baik dan usaha yang dilakukan peserta didik.
  • Menjalin Komunikasi Terbuka: Guru harus menjalin komunikasi yang terbuka dan transparan dengan orang tua dan keluarga peserta didik untuk membangun kerjasama dalam proses pembinaan karakter.

Penerapan Disiplin Positif di SMA

Berikut beberapa contoh penerapan disiplin positif di sekolah tingkat SMA yang dapat diterapkan:

  • Membuat Aturan Kelas yang Jelas dan Konsisten: Aturan kelas harus dibuat bersama-sama dengan peserta didik dan dikomunikasikan dengan jelas. Aturan ini harus sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di sekolah.
  • Memberikan Pilihan yang Positif: Ketika peserta didik melanggar aturan, guru dapat memberikan pilihan yang positif daripada hanya menghukum. Contohnya, meminta mereka untuk menyelesaikan tugas tambahan, membantu orang lain, atau membuat refleksi diri.
  • Menggunakan Rapat Kelas: Rapat kelas dapat menjadi wadah yang efektif untuk membahas permasalahan yang terjadi di kelas, mencari solusi bersama, dan membangun rasa saling pengertian.
  • Memberikan Penghargaan: Guru dapat memberikan penghargaan kepada peserta didik atas perilaku yang baik dan usaha yang mereka lakukan. Penghargaan ini dapat berupa pujian, hadiah kecil, atau pengakuan di depan kelas.
  • Menjalin Kerjasama dengan Orang Tua: Orang tua harus dilibatkan dalam proses pembinaan karakter peserta didik. Guru harus menjalin komunikasi yang terbuka dengan orang tua untuk membahas perkembangan karakter, berbagi strategi, dan membangun kerjasama yang solid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun