Assalamualaikum Wr.Wb hallo semua guru-guru hebat di seluruh Indonesia apa kabar hari ini? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Alloh SWT Amin YRA. Perkenalkan nama saya Encep Nurdin S.Pd, saya adalah guru Biologi di SMAN 1 PARONGPONG Kabupaten Bandung Barat, saya mengajar kelas 11 mapel Biologi.Â
Sebagai guru tentunya kita akan selalu berhadapan dengan berbagai karakter siswa yang beranekaragam dengan segudang masalah yang ada, namun pada kesempatan ini saya akan batasi pokok permasalahan itu kedalam sebuah tulisan yang singkat, meskipun singkat semoga bermanfaat untuk kita semua terutama bagi saya sendiri sebagai guru.
Pokok permasalahan siswa yang sering terjadi adalah menurunya tingkat motivasi siswa untuk belajar di kelas, mereka seperti jenuh dengan pelajaran yang kita sampaikan. Bukan rahasia umum lagi kejadian seperti ini, banyak guru yang mengalami nya di kelas bukan?Â
Naaah tugas kita selain mengajar adalah bisa membawa suasana yang nyaman sehingga para peserta didik merindukan kehadiran kita di kelas dan selalu menunggu materi yang akan kita sampaikan.Â
Tentu hal ini yang harus kita pahami dari para peserta didik tersebut, kita harus pandai membaca keadaan di kelas. kita langsung saja ke pokok bahasan nya, saya akan menjabarkan sedikit pengalaman saya ketika menghadapi masalah tersebut.
Ada satu metode yang saya terapkan kepada peserta didik di sekolah yang saya ajar, metode itu adalah "Outing Class"Â Bukan metode pembelajaran, mungkin lebih tepatnya tekhnik pembelajaran.
Outing class, atau sering disebut sebagai kegiatan luar kelas, memiliki berbagai manfaat penting bagi siswa. Berikut adalah beberapa manfaatnya:Â
a. Pembelajaran Praktis: Outing class memberikan pengalaman langsung kepada siswa, yang dapat membantu mereka memahami konsep-konsep yang diajarkan di kelas dengan lebih baik. Misalnya, jika siswa belajar tentang ekologi, pergi ke alam terbuka dapat memberi mereka pengalaman nyata dalam memahami ekosistem.
b. Pengembangan Keterampilan Sosial: Kegiatan luar kelas sering melibatkan interaksi sosial antar siswa. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan pemecahan masalah yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
c. Peningkatan Apresiasi Alam: Outing class dapat membantu siswa mengembangkan rasa cinta dan kepedulian terhadap alam. Melalui kegiatan seperti hiking atau mengunjungi taman alam, siswa dapat memahami pentingnya melestarikan lingkungan.