Senin, 09 Januari 2023
Anes Berlliana Permatasari
202210160311416
Kelas H
Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sangat maju dibuktikan dengan banyaknya inovasi dimasa ini yang dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi. Sebagai contoh sosial media Tiktok dari artikel celebrities.id data pengguna Tiktok di Indonesia sekitar 99,1 juta yang didomimasi berusia 18 tahun ke atas.
Â
TikTok terdapat fitur Tiktok Shop yang beroperasi di Indonesia sejak Maret 2021 yang memberi kesempatan bagi UMKM untuk memperluas jangkauan, berkomunikasi langsung dan memanfaatkan secara maksimal fitur-fitur TikTok seperti live streaming untuk meningkatkan penjualan produk mereka, diakui para UMKM dengan adanya Tiktok Shop memberi mereka akses audiens yang lebih luas.
Â
Live Streaming Tiktok mewadahi kebutuhan pedagang untuk bisa berkomunikasi dua arah antara penjual dan pembeli yang menjadi daya tarik utama, selain itu aspek penilaian kinerja pedagang dalam platform marketplace adalah kecepatan dalam merespons pertanyaan dan permintaan.
Â
UMKM membuat konten yang menarik perhatian para pengguna tiktok agar dapat fyp (for you page) sehingga membuat para UMKM berlomba-lomba membuat video dan foto produk yang menarik selain itu bisa dengan cara rajin live streaming seperti yang dilakukan akun UMKM littlecrownn dalam sehari melakukan live streaming sebanyak tiga kali sehingga dapat menarik perhatian para penonton.
Â
Berwirausaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti live streaming tiktok yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan UMKM berlomba-lomba membuat video dan foto produk yang menarik dengan berkomitmen akan mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga meningkatkan kesejahteraan,membantu perekonomian , dan mengurangi pengangguran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H