Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Film Serial Kartun TV yang Layak Disimak Orang Dewasa

21 Juni 2021   19:10 Diperbarui: 21 Juni 2021   19:24 695
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Avatar (dok.greenscene.co.id)

Sewaktu saya masih anak-anak, film kartun yang saya gemari adalah Tom and Jerry, dan Scooby-Doo. Setelah saya dewasa, saya justru menyukai film kartun yang ditonton oleh para keponakan. 

Memang tidak semua film kartun saya sukai. Saya tidak tertarik pada sailor moon, dragon ball dan sejenisnya. Film-film lucu hanya untuk mengundang tawa, betul-betul sebagai hiburan belaka.

Sedangkan  film yang saya sukai adalah film yang mengandung petualangan. Biasanya film-film seperti ini lebih dekat dengan dunia nyata. Seringkali film-film ini berkaitan dengan sejarah atau budaya di sebuah negara.

Menurut saya ada lima jenis film kartun TV yang sangat layak disimak oleh orang dewasa. Antara lain:

1. Avatar. Serial Avatar di televisi berbeda dengan layar lebar (film bioskop). Film ini mengisahkan pendekar penjaga perdamaian di bumi yang bisa reinkarnasi. 

Aang adalah reinkarnasi dari Avatar yang harus mengemban tugas berat sebagaimana Avatar sebelumnya. Dia menguasai angin, tanah, air dan api. Tantangan terberat menghadapi keserakahan dari negara api.

Banyak pesan moral di dalam film ini. Tentang keseimbangan alam, tentang perdamaian hingga tentang cinta. Bahkan film ini membangkitkan imajinasi yang luar biasa akan ilmu yang dianugerahkan dewa (Tuhan).

2. Saint Seiya. Saya suka sekali menonton film ini. Terutama karena mengandung mitologi Yunani kuno yang sangat terkenal. Melibatkan para dewa-dewi, ada Athena, Apollo, Zeus dan lainnya. 

Lalu imajinasi tentang ilmu mereka juga luar biasa. Mereka memiliki gaya dan andalan masingmasing. Misalnya seperti Yoga yang menguasai hawa dingin. Atau Iki yang cerdik dan kuat. 

Pesan moral dalam film ini juga tentang perdamaian. Mereka adalah pasukan yang membela Athena untuk menjaga perdamaian di bumi.

3. Conan. Ah, ini sebetulnya adalah film detektif yang sangat menarik. Conan yang sangat cerdik memiliki ayah jenius dengan ibu bintang film yang cantik. Conan sering menyelidiki kasus kriminal yang terjadi di sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun