Mohon tunggu...
Muhamad Khotib
Muhamad Khotib Mohon Tunggu... -

Sy berada di 40 km dari Kota Metro tepatnya di Mengandungsari Kec. Sekampung Udik Lampung Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perhitungan Nilai Raport Kurikulum 2013

21 Oktober 2013   09:23 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:14 7916
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masih banyak sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dari beberapa diskusi kecil dengan temen-temen yang masih kebingungan dalam pembelajaran dan penilaian. Kebingungan ini mungkin disebabkan kekuranga referensi, pengetahuan atau hal lain. Kali ini saya mencoba menterjemahkan pola penilaian kurikulum 2013 berdasarkan lampiran SK Dirjen Dikmen serta file paparan penilaian pada pelatihan Kurikulum 2013. Karena kebetulan saya sendiri belum pernah ikut pelatihan khusus mengenai Kurikulum 2013. Maklum sekolah tempat saya mengajar tidak masuk dalam daftar sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahap awal ini. Dibawah ini saya tampilkan bagan atau pola penilaian kurikulum 2013 untuk menghitung nilai pengetahuan, nilai praktek dan nilai sikap

Pada kurikulum 2013 agak berbeda dengan KTSP dimana SK diganti dengan KI (Kompetensi Int0). Semua mata pelajaran pada jenjang dan tingkat yang sama mengemban KI yang sama. Proses pembelajaran untuk mengajarkan KI-3 dan KI-4 harus dilakukan de ngan pendekatan sain, untuk melihat dampak pengiring pada KI-1 dan KI-2.

Penilaian Kurikulum 2013 memiliki 3 aspek penilaian yang harus dilakukan untuk semua mata pelajaran. Yaitu aspek pengetahuan, aspek praktek dan aspek sikap.

Untuk menghitung  nilai pada aspek pengetahuan, maka guru harus melakukan penilaian harian (ulangan harian) untuk memperoleh nilai harian, penilaian tengah semester (ulangan tengah semester) untuk memperoleh nilai tengah semester dan penilaian akhir semester (ulangan akhir semester) untuk memperoleh nilai akhir semester. Nilai harian merupakan rerata dari nilai ulangan harian yang diperoleh dari nilai tes tertulis, nilai lisan dan penugasan. tes tertulis dan tes lisan dilakukan dalam bentuk ulangan. Nilai harian ini digunakan untuk mengukur ketuntrasan KD yang diajarkan.

Misal suatu mapel memiliki 3 KD pada KI-3 maka proses penilaian dapat digambar sebagai bagan di bawah.

1382323490746044261
1382323490746044261

Pengen lebih detal dan lengkap klik aja http://simpelpas.wordpress.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun