Mohon tunggu...
Muhamad Khotib
Muhamad Khotib Mohon Tunggu... -

Sy berada di 40 km dari Kota Metro tepatnya di Mengandungsari Kec. Sekampung Udik Lampung Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Raport SMP Kurikulum 2013

14 Desember 2013   07:30 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:57 3906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nilai Keterampilan (Prosedur)

Implementasi Kurikulum 2013 di SMP sebentar lagi akan memasuki penghujung semester pertama. Kesibukan terasa sekali di sekolah karena guru-guru harus membuat penilaian sampai pada bentuk raport kurikulum 2013. Namun sampai saya menulis artikel ini belum terbit SK Dirjen Dikdas tentang raport SMP dan MTS. Dari berbagai model raport yang muncul ke permukaan dan berbagai pelatihan kurikulum 2013. Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan bahwa ruang lingkup Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompensi sikap melalui observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik dan jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Sedangkan penilaian kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio (Bab II Poin C ayat 1 dan ayat 2 – Permendikbud No. 66 tahun 2013). Secara umum pola dan prosedur penilaian hasil belajar sebagaimana gambar di bawah:

Prosedur Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Berbasis Autentik untuk Nilai Pengetahuan pada KI-3 terdiri dari Nilai Harian, Nilai Tengah Semester dan Nilai Akhir Semester. Nilai Akhir yang dimunculkan dalam skala 1-4, predikat dan catatan capaian kompetensi.

Prosedur Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Berbasis Autentik untuk Nilai KETERAMPILAN pada KI-4 terdiri dari Nilai Praktek Harian, Nilai Projek dan Nilai Portofolio. Nilai Akhir yang dimunculkan dalam skala 1-4, predikat dan catatan capaian kompetensi.

Prosedur Sistem Penilaian Kurikulum 2013 Berbasis Autentik untuk Nilai SIKAP pada KI-1 dan KI-2 terdiri dari Rerata Nilai Observasi Sikap, Penilaian Diri, Penilaian Sejawat dan Jurnal. Nilai Akhir yang dimunculkan dalam skala SB/B/C/K, serta Penilaian Sikap antar mapel. Menurut Lampiran IV Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum pada pedoman umum pembelajaran Penilaian setiap mata pelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan, dan kompetensi sikap. Kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan menggunakan skala 1–4 (kelipatan 0.33), sedangkan kompetensi sikap menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K), yang dapat dikonversi ke dalam Predikat A – D seperti pada Tabel 5 di bawah ini.

Berdasarkan Standar Penilaian dan Berbagai model raport Kurikulum 2013 untuk SMP dan MTs dari beberapa pelatihan implementasi Kurikulum 2013, saya mencoba membuat model raport kurikulum 2013 untuk SMP yang saya namakan Simpel LCK ( Sistem Penilaian dan laporan Capaian Kompetensi) Peserta Didik Kurikulum 2013. Simpel LCK adalah Sistem Penilaian dan Raport Eelektronik SMP Kurikulum 2013. Bekerja menjadi cepat, lebih mudah dan lebih lengkap. Hanya dengan sekali input semua pekerjaan penilaian dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Proses penilaian kompetensi pengetahuan sebagai diuraikan di atas memiliki tiga komponen pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penilaian yang dilakukan harus menghasilkan dua output yaitu nilai dan deskripsi. Kesulitan penilaian pada kurikulum 2013 pada ranah guru biasa pada pembuatan deskripsi capaian kompetensi. Pengalaman pada KTSP biasanya hanya di tulis tuntas atau kompeten. Disamping karena pemahaman setiap guru tidak sama juga kolom yang disediakan raport manual tidak mencukupi untuk membuat deskripsi secara baik dan benar. Proses penilaian raport SMP kurikulum 2013 dengan menggunakan Simpel LCK SMP dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hanya dengan menginput nilai harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester maka proses penilaian sudah dapat dilakukan dengn baik. Simpel LCK selanjutnya akan menghitungka nilai akhir dari raport dan pembuatan deskripsinya sesuai dengan nilai harian atau nilai kompetensi setiap KD.
LCK Mapel
LCK Mapel
-

Profil Singkat Aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013

Simpel LCK adalah Sistem Penilaian dan Laporan Capaian Kompetensi Peserta Didik Kurikulum 2013. Hanya dengan sekali input nilai pengetahuan, nilai praktek dan nilai sikap. Maka pengguna akan langsung mendapatkan kemudahan yang sangat banyak. Nilai akhir langsung dihitung dan deskripsi capaian kompetensi langsung dibuatkan. Tidak hanya itu juga akan langsung terbentuk LEGER (Daftar Nilai), BUKU INDUK dan RAPOR ELEKTRONIK.

Secara Simpel LCK SMP  Kurikulum 2013 terdiri dari 4 bagian dasar, yaitu penyiapan data, bagian input, bagian proses dan bagian output. Pengaturan Data merupakan bagian awal yang harus dilakukan untuk menyiapkan aplikasi agar bisa digunakan sesuai dengan peruntukan dan data yang harus di olah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun