Mohon tunggu...
EMILY GRATIA BAKARA
EMILY GRATIA BAKARA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Romanticizing life

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

10 Desember 2022   18:38 Diperbarui: 10 Desember 2022   18:40 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengalaman saya ketika melaksanakan geladi merupakan hal yang sangat bermanfaat. Sebelum hari dilaksanakannya geladi, terdapat sebuah tugas pra geladi yang perlu dilakukan yakni memberikan tanggapan atas salah satu syair dari lagu Indonesia Raya yang dianggap menarik serta memberikan tanggapan atas beberapa pertanyaan berdasarkan salah satu film dokumenter yang dipilih. 

Kemudian, ketika hari zoom Geladi Hominisasi tiba, kita pun memasuki zoom dengan link yang telah dikirim melalui email masing-masing. Pada zoom tersebut, terdapat pembukaan sebelum acara dimulai yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian room dengan kelompok masing-masing untuk berlatih mempersiapkan presentasi bersama yang kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan presentasi antar kelompok yang dilaksanakan di main room. 

Kemudian, sebelum acara geladi ditutup, terdapat sesi foto dan berdoa serta pemberitahuan akan tugas pasca geladi. Pengalaman yang saya dapatkan ketika pelaksanan geladi adalah dapat bertemu dan berkenalan dengan teman-teman dari fakultas yang berbeda. 

Ketika geladi, saya juga dapat berdiskusi bersama teman-teman baru, mempersiapkan, serta melakukan presentasi bersama-sama. Geladi ini telah memberikan banyak manfaat bagi saya terutama dalam hal bekerja sama mempersiapkan sesuatu bersama-sama dalam sebuah kelompok. 

Saya dapat belajar untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang-orang yang baru saya temui. Ketika melaksanakan presentasi, kami juga mendapatkan feedback yang sangat baik agar dapat berkembang dan melaksanakan presentasi dengan lebih baik lagi kedepannya. Kemampuan yang saya pelajari dalam geladi ini akan menjadi hal yang sangat membantu dalam masa perkuliahan saya dan kedepannya yakni dalam hal berkolaborasi dan menyampaikan gagasan saya dengan baik kepada orang lain. 

Kemudian, saya dapat menerapkan kemampuan ini ketika berada dalam kelas dengan tugas kelompok yang pastinya memerlukan kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan berkolaborasi dengan orang-orang yang mungkin saja belum dikenal sebelumnya agar tugas kelompok dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. 

Lalu, dalam meningkatkan kemampuan dalam berpikir dan berbahasa sebagai warga negara, cara yang dapat saya lakukan adalah dengan mau membuka diri untuk berkontribusi kepada acara-acara disekitar saya yang memerlukan kolaborasi sehingga saya mampu berlatih untuk menjadi lebih baik dalam berbicara kepada orang lain dengan bahasa yang sepadannya serta mampu berpikir secara kreatif sesuai dengan yang dibutuhkan dalam situasi tertentu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun