Di kota-kota besar seperti di Jakarta kebanyakan orang akan sibuk dengan aktivitasnya, sehingga mereka tidak sempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli menu makanan yang mereka sukai karena mereka tidak mau membuang-buang waktu dengan berlelah-lelahan menembus kemancetan parah yang biasa terjadi di jakarta. Baru-baru ini telah hadir layanan pesan antar makanan secara online yaitu lewat Go Food persembahan dari Go-Jek. Go-Jek adalah layanan online transportasi jasa ojek yang saat ini mulai merabah ke layanan pembelian makanan. Layanan ini diberuntukkan bagi masyarakat jakarta yang suka belanja online dan untuk semua kalangan yang suka berwisata kuliner tanpa perlu repot keluar rumah. Dan cara pesan makanan lewat Go-Jek ini sangat mudah dan cepat.
Menurut Project Lead Go-Food (Jesayas Fernandinus), Layanan Go Food yang baru diluncurkan ini telah berintegrasi dengan lebih dari 15.000 tempat makan di wilayah jabotabek. Tempat makan yang berjumlah 15.000 ini terdiri dari 23 kategori, yang mana mulai dari warung kaki lima hingga sampai ke restauran mewah bintang lima. mengenai pemesanan, pengguna Go-food dapat memesan makanan dengan harga hingga 1 juta yang mana biayanya pembelian makanan ini akan di talangi (dipinjami) dulu oleh pihak Go-jek.
Layanan Go-food ini mampu melayani permintaan pemesanan makanan kepada pelanggan selambat-lambatnya 60 menit. Pada bulan april ini pihak Go-food memberikan promo untuk pelanggan dengan gratis biaya kirim dan biaya kurir. Jika jarak pengiriman cukup jauh, maka setelah 6 kilometer akan dikenakan biaya 4rb per kilometerya. Jadi bila pelanggan tidak ingin membayar biaya pengiriman mahal, pelanggan bisa cari menu makanan dengan lokasi yang berada di dekat rumah pelanggan.
Cara pemesanan makanannya pun sangat mudah dengan mengakses fitur Go-food yang sudah disediakan didalam aplikasi Go-jek. Pelanggan akan di beri tampilan bermacam-macam menu makanan dari warung kaki lima, rumah makan sampai ke restauran bintang lima yang terlacak sesuai dengan lokasi pelanggan. Setelah pelanggan memilih menu makanan dan menyetujui pesanan, maka pelanggan tinggal menunggu pesanan yang mana akan diantar oleh kurir dari pihak Go-jek. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan pesanannya nanti sampai tidak ke rumah pelanggan karena pelanggan bisa melacak keberadaan kurir yang mengantar dan bisa menghubunginya jika pesanannya belum juga datang.
Untuk pembayarannya, menu makanan yang di pesan akan di bayari dulu oleh pihak Go-jek. Dan ketika pesanan makanannya sudah sampai ke tanggan pelanggan, baru pelanggan bisa membayar dengan uang tunai atau melalui kredit Go-jek atau Go-pay. Go-pay adalah layanan dompet virtual untuk transaksi di dalam aplikasi Go-jek. Untuk pelanggan yang ingin menggunakan layanang Go-pay, pelangan tinggal melakukan top up saldo Go-pay langsung dari rekening bank dengan pilihan metode melalui ATM, mobile banking atau internet banking. Ada 5 bank yang berkerjasama dengan pihak Go-jek yaitu bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank dan ATM Bersama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H