Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang dapat memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan potensi secara maksimal, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, serta karakter. Pendidikan berkualitas tidak hanya berfokus pada pengajaran teori, tetapi mengintegrasikan keterampilan praktis, nilai-nilai moral dan kemampuan dalam berpikir kristis yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kehidupan. Pendidikan berkualitas salah satu pilar utama yang mendukung terwujudnya Indonesia Emas pada tahun 2045. Indonesia Emas mengacu pada beberapa visi negara untuk menjadi bangsa yang maju, sejahtera, dan berdaya saing tinggi, terutama dalam menghadapi tantangan global yang kompleks. Untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045 pendidikan yang berkualitas memegang peranan penting dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang semakin unggul dan siap bersaing di tingkat dunia. Indonesia menjadi sorotan karena pendidikan di Indonesia yang rendah peringkat 67 dari 209 negara. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah kebijakan pendidikan di Indonesia yang tidak konsisten adalah terjadinya perubahan kurikulum yang sering terjadi, perubahan-perubahan secara cepat, penerapan yang tidak merata, kualitas guru yang rendah, dan. Tantangan-tantangan dalam pemerataan pendidikan serta kualitas pelaksanaan kebijakan yang sering menjadi hambatan yang membuat keurang konsisten. Hal tersebut selalu menjadi pertanyaan mengapa pendidikan di Indonesia sangat rendah? Apa yang seharusnya dapat dilakukan agar pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas? Apa faktor utamanya?Â
Adanya yang mengatakan bahwa Indonesia bukan lah negara pendidikan, karena Indonesia tidak pernah memandang pendidikan adalah sesuatu yang penting di Indonesia. Dalam hal ini indonesia harus mengubah pandangan terhadap pendidikan di indonesia, karena dengan pendidikan yang berkualitas,indonesia akan lebih bisa bersaing di dunia global pada saat ini. Dengan meningkatnya kualitas pendidikan berarti sumber daya manusia akan semakin baik mutunya dan mampu membawa bangsa ini bersaing secara sehat dalam segala bidang di dunia.
Pendidikan yang berkualitas sangat dibutuhkan di Indonesia maka dari itu harus ada yang dapat menciptakan sistem pendidikan secara inklusif, berkualitas, serta dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tetapi, kebijakan pendidikan Indonesia memang menjadi isu yang sering dikeluhkan karena seringnya terjadi perubahan, dan adapun beberapa contoh kebijakan pendidikan di Indonesia yang tidak konsisten adalah terjadinya perubahan kurikulum yang sering terjadi, perubahan-perubahan secara cepat, penerapan yang tidak merata. Tantangan-tantangan dalam pemerataan serta kualitas pelaksanaan kebijakan yang sering menjadi hambatan yang membuat kurang konsisten
Singapura sangat dikenal dengan sistem pendidikan yang berkualitas dan unggul. Singapura telah meraih kesuksesan yang luar biasa dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas, adapun beberapa contoh yang sudah di raih oleh singapura yang dapat dilihat indonesia dan di jadikan motivasi dan pembelajaran yaitu sistem pendidikan yang terstruktur serta fleksibel, peningkatan kualitas guru, peningkatan kualitas siswa, serta pengembangan keterampilan yang memiliki kreativitas singapura juga dikenal dengan negara yang cepat dalam beradaptasi dengan teknologi dalam pendidikan, negara indonesia perlu belajar dari kebijakan dan  yang sudah di raih oleh negara singapura agar negara Indonesia dapat meraih pendidikan yang berkualitas.Â
Ketimpangan Teknologi Dalam Pendidikan
Kesulitan dalam mengakses teknologi di pendidikan Indonesia mampu menjadi masalah, tetapi dengan adanya langkah-langkah yang sudah terencana dan kolaborasi antara pemerintah, dan masyarakat, kesenjangan ini dapat diatasi secara perlahan-perlahan. Finlandia dikenal dengan sistem pendidikan yang sangat baik, serta teknologi memainkan peran yang sangat besar. Negara menekankan penggunaan teknologi yang bijak dalam pembelajaran sangat penting dengan pendekatan yang secara fleksibel dan kreatif dalam memenuhi kebutuhan siswa. Guru-guru di filandia juga dilatih untuk memanfaatkan teknologi secara efektif. Negara Indonesia harus memiliki komitmen seperti filandia hingga pendidikan di Indonesia bisa dikatakan berkualitas dan akses internet yang semakin maju.
Rendahnya teknologi pendidikan di Indonesia dan tidak merata nya pendidikan merupakan tantangan besar yang mempengaruhi kualitas serta aksesibilitas pendidikan di seluruh negeri terutama Indonesia. Banyaknya guru di Indonesia yang belum memiliki keterampilan yang memadai dalam mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran, pelatihan bagi guru dalam penggunaan teknologi pendidikan sering terbatas, sehingga mereka mengalami kesulitan memanfaatkan perangkat teknologi yang ada. Hal Ini sangat menghambat pengembangan metode pembelajaran yang secara interaktif dan berbasis teknologi dan salah satu masalah utama Indonesia adanya kesenjangan infrastruktur yang besar di daerah perkotaan dan daerah terpencil atau pendesaan. Di kota-kota besar banyak sudah dilengkapi dengan teknologi seperti komputer, dan proyektor. Di daerah terpencil, banyak sekolah yang masih kekurangan fasilitas yang menjadi dasar seperti koneksi internet, yang menghambat penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hal ini memperburuk ketidakmerataan akses pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Kesulitan dalam mengakses teknologi di pendidikan Indonesia mampu menjadi masalah yang secara kompleks, tetapi dengan adanya langkah-langkah yang sudah terencana dan kolaborasi antara pemerintah, dan masyarakat, kesenjangan-kesenjangan ini dapat diatasi secara perlahan-perlahan. Finlandia dikenal dengan sistem pendidikan yang sangat baik, serta teknologi memainkan peran yang sangat besar. Negara ini menekankan penggunaan teknologi yang bijak dalam pembelajaran. Kurikulum mereka yang mencakup pengembangan keterampilan digital sejak dini, dengan pendekatan yang secara fleksibel dan kreatif dalam memenuhi kebutuhan siswa. Guru-guru di filandia juga dilatih secara baik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif. Negara Indonesia harus memiliki komitmen seperti filandia hingga pendidikan di Indonesia bisa dikatakan berkualitas dan akses internet yang dapat semakin maju.
Optimalisasi SDM Menuju Pendidikan Yang Lebih Berkualitas
Optimalisasi SDM adalah langkah yang sangat penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Melalui kesejahteraan yang memadai, pengembangan secara berkelanjutan, dan pemanfaatan teknologi serta kualitas tenaga pendidik yang dimana akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan yang berkualitas dimulai dengan SDM berkualitas,manajemen yang baik, serta pemanfaatan sumber daya manusia yang optimal adalah kunci dasarnyaÂ
Sumber daya manusia di Indonesia menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan di negara Indonesia. Meskipun Indonesia sudah membuat upaya untuk meningkatkan pendidikan, tetapi, ada beberapa tantangan dengan SDM sehingga menyebabkan pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya dapat dikatakan berkualitas karena adanya beberapa aspek yang sangat perlu diperhatikan seperti ketimpangan kualifikasi dan pembagian sumber daya, keterbatasan pelatihan dan pengembangan profesional, kesejahteraan guru yang belum memadai, beban kinerja guru yang tinggi, kesulitan dalam penggunaan teknologi, kurangnya sistem evaluasi secara efektif. Hal tersebut menjadi hambatan bagi negara Indonesia yang sangat perlu diperhatikan agar SDM Indonesia bisa lebih baik dan berkualitas hingga pendidikan di Indonesia pun bisa semakin berkualitas dan negara Indonesia bisa mencapai Indonesia Emas 2045.Â