Mohon tunggu...
Muhammad Adi Nugroho
Muhammad Adi Nugroho Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

senang merangkum kultwit orng lain jadi artikel baru untuk disebarkan. Lahiya kan? :)

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Sedikit tentang Sejarah Vespa

29 Oktober 2015   10:28 Diperbarui: 5 November 2015   14:37 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sejarah Vespa

Sejarahvespadimulailebihdarisatuabadyang lalu,1884.PerusahaanPiaggiodidirikandiGenoa,Italiapadatahun 1884olehRinaldoPiaggio.Kapalbisnisperalatan.mulaiRinaldotetapipadaakhirabad,PiaggiojugamenghasilkanRailway,gerbongkereta,truktubuh,mesin, dankereta api.SelamaPerangDuniaI,perusahaanyang memproduksipesawatdankapalangkatan laut.

 Padatahun 1917PiaggiopabrikbarudiPisadan4tahunkemudianRinaldomengambilalihsebuahpabrikkecildiPontederadidaerahTuscanyItalia.IniadalahpabrikdiPontederayangmenjadipusatproduksipesawat,bersama dengankomponennya(blades,Mesindanpesawat)selamaPerangDuniaII,pabrikdiPontederamembuatP108untukduapenumpangdanmesinpesawatpembomversi. PadaakhirPerangDuniaII,pabrikberatdibomolehsekutupesawatPiaggio.Setelahperangberakhir,EnricoPiaggiomengambilalihPiaggiodariayahnya(RinaldoPiaggio).PadasaatekonomiItaliamemburuk,Enricomemutuskanuntukdirancangmurah adalah saranatransportasi.EnricomemutuskanuntukfokuspadaperusahaanperhatianpadaisumobilitaspribadiygdiperlukanmasyarakatItalia.Kemudianbergabung denganCorradinoD'Ascanio,bidangberbakatinsinyurpenerbanganyangdirancang,konsepdanterbangPiaggiohelikopterModernyangpertama. D'Ascaniomembuatrancangansederhana,ekonomis,nyamandanelegan,terlalu.D'Ascaniomemimpikansebuahrevolusikendaraanbaru.Denganmengambilfotopesawatnegara,Diamembayangkansebuahkendaraan yang dibangundenganMonocoqueatauUnibodybajaChassis. Kemudianpadatahun 1945,pembangunanalternatifditemukan.Awalnyamemangsebuahkonsepmotorbesipiringterstrukturdenganpenyokbulatsepertiterowong.Anehnya,ternyatabagiantersebutstaternyadirancangdenganmenggunakankomponenbomdankendaraan yang diambildarirodapesawattempur.GarpudepansepertiBanmendaratpesawatyangmudahuntukpenggantianBan. Untukmengoptimalkankeamananpengguna,danmembentukprodusenyangdijabarkansebagai''usahapergilima''merancangcoverpapankakididepan. ProyekinidipimpinlangsungolehCorradinod'Ascanio.Oleh karena itu,sebuahpatendapatsegeramerekakantongi. Sebagaiakibatnya,datangprodukpertamamotordenganseriMP5.Kendaraaniniteknologisederhananamunmemilikibentuksangatmenarik,tampaksepertibinatangTaser(lebah/tawon)karenabentukkerangka. Namun,bentukkursipenutupsepertisurfing,sejumlahpekerjadipabrikmengatakannyasebagaiPiaggiobahkanmotorPaperino.Harapdiingat,PaperinosindiransinisuntukkarakterDonaldDuck(Bebek).Dengan demikian,setiapbermainakald'Ascaniountukmemperbaikimodel. D'ascaniomengambilhanyabeberapaharikembali membentukkonsepdesainkendaraandanprototipnya yang bernamaMP6.KetikaEnricoPiaggiomelihatprotototipMP6,iasengajadisebutkeluar"SambraUnaVespa"(terlihatsepertiWasp).Akhirdaya tarikadalahtidaksengaja,diputuskanbahwakendaraaninibernama'Vespa'(tawondalambahasaIndonesia).PadaApril1946,prototipeMP6inimulaidipabrik yang diproduksimassalolehPiaggiodiPontedera,Italia. Padaakhirtahun 1949,telahdiproduksi35000unitdandalam10tahuntelahmenghasilkan1jutaunitdandipertengahan 1950-an.Selama 1960-andan1970-anVespamenjadisimboliderevolusionersaatitu. Pengembanganlebih lanjutprodukini,ternyatabahwapasardiserapJualPrancis,Inggris,Belgia,Spanyol,BrasildanIndia--selainpasardomestikprodukmenjualsepertihotcakes.Selain itu,setiapIndiamenghasilkansamajenisdanbentukdenganmengambilmesinBajaj.YangBajajBajajSuperdanDeluxe.Sejumlahpihakkemudianmengajukanaplikasibersama yang dibuatVespa.Kemudianditahun 1950munculahVespa125ccbuatan Jerman. Padawaktuitubanyaknegaralainyangmencobauntukmembuatprodukserupa,tetapiituternyatamerekatidakmampusaingansedikitPiaggio.AntarapesaingituHeinkel,Lambretta,Zundapp,danNSU.Bagi orang-orangIndonesia,LambrettadanZundapp,era 1960-an. Selidikpunyaselidik,FanatismeterhadapVespaternyatamenjadifiturdasarbentuktimbulbikeiniselaludipertahankanpadasetiapproduk yang berikutnya.Bahkanketikamerekalakukan''revolusi''dalambentukprodukbaru,150VespaGS,bahenolpantatkeganjilanmasihmerasaterikat. 150GS-produk-makadikenalsebagaiVespamoredanhampirselalumunculdalamsetiapfilm tahun 1960-an--memangsorotnyarodadanlampumulai.Tapisecara keseluruhan,apalagibentukpantatnya,benar-benarmasihbulat.Danceritaberlanjutdenganmodelsaat inigenerasibaruVespa,VespaET2,ditawarkanVespaET4,VespaGranturismodanVespaPX150.VespainitidakhanyasebuahskutertetapisatuikondariItalia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun