Mohon tunggu...
Ely Widayati
Ely Widayati Mohon Tunggu... Guru - Guru pemelajar

Perempuan yang mempunyai kegemaran menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Siswa MTsN 6 Bantul Gunakan Media Interaktif Kahoot Mode Kapal Selam untuk Pembelajaran

24 Oktober 2024   10:17 Diperbarui: 24 Oktober 2024   10:20 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bantul, 24 Oktober 2024 -- Siswa kelas IXA MTsN 6 Bantul mengikuti pembelajaran interaktif berbasis game menggunakan aplikasi Kahoot dengan mode Submarine pada Kamis 24/10/24. Pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran bahasa Inggris ini dikemas menarik melalui serangkaian soal interaktif yang diikuti dengan antusias oleh para siswa. Penggunaan teknologi dalam kelas semakin meningkatkan minat belajar siswa, terlebih dengan format permainan yang memacu semangat mereka.

Para siswa memasukkan PIN Kahoot dan melihat tampilan soal di layar LCD. Jawaban dari setiap soal dipilih melalui telepon seluler masing-masing, memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan perangkat pembelajaran. Mode Submarine memberikan tantangan tambahan, di mana poin yang dikumpulkan dari menjawab soal akan membuka soal berikutnya. Selain itu, siswa juga harus melindungi kapal selam yang mereka kendalikan dari serangan hiu di laut dalam.

Kreativitas guru dalam memadukan game dan pembelajaran membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Dengan adanya tantangan dalam permainan, siswa tidak hanya berfokus pada jawaban benar, tetapi juga belajar berpikir kritis untuk melindungi ikan kapal selam mereka. Kombinasi antara materi pelajaran dan elemen game ini menjadi strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa Inggris.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, mengungkapkan kebanggaannya terhadap guru-guru yang terus berinovasi dalam mengembangkan metode pembelajaran. "Inovasi seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Saya harap metode ini bisa diterapkan lebih luas lagi dalam mata pelajaran lainnya," ujarnya.

Melalui pendekatan seperti Kahoot mode Submarine ini, diharapkan siswa tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga termotivasi untuk belajar lebih aktif dan kreatif di masa mendatang. Pembelajaran berbasis teknologi ini telah menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan partisipasi dan pemahaman siswa di kelas. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun