Bantul (23/08/2024) -- Siswa kelas IX MTsN 6 Bantul semakin antusias mengikuti pembelajaran bahasa Inggris setelah guru mereka memperkenalkan metode baru dengan menggunakan game Kahoot. Kuis interaktif ini memungkinkan siswa untuk memahami teks bahasa Inggris sambil bermain secara interaktif dan menyenangkan. Atmosfer kelas yang semula serius kini berubah menjadi penuh tawa dan semangat belajar.
Kahoot, sebagai salah satu platform pembelajaran berbasis game, memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para siswa. Setiap soal kuis yang ditampilkan menguji kemampuan pemahaman teks dan kosa kata bahasa Inggris siswa, sambil bersaing untuk meraih skor tertinggi. Penggunaan teknologi ini juga mendorong kolaborasi antarsiswa, meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam menjawab soal dengan cepat dan tepat.
Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, sangat mendukung metode pembelajaran inovatif seperti ini. Menurutnya, pengenalan teknologi seperti Kahoot dapat menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. "Kami mendorong guru-guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat memotivasi siswa, salah satunya dengan teknologi. Kahoot adalah cara yang bagus untuk menggabungkan pembelajaran dan hiburan," ujarnya.
Pembelajaran dengan Kahoot ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sambil bersaing sehat. Siswa yang semula kurang tertarik pada mata pelajaran bahasa Inggris pun menjadi lebih bersemangat. Mereka tidak hanya terpacu untuk memenangkan kuis, tetapi juga memahami materi yang disampaikan dengan lebih baik.
Dengan metode ini, diharapkan siswa tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analisis yang akan berguna di masa depan. MTsN 6 Bantul terus berupaya memberikan inovasi dalam pembelajaran demi mencapai hasil yang optimal bagi siswanya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H