Apa itu Knowledge Management?
Knowledge Management merupakan sebuah proses yang menyediakan berbagai cara sehingga perusahaan atau organisasi dapat dengan mudah mengenali kunci aset intelektual dan menangkap ukuran aset intelektual yang relevan untuk dikembangkan. Secara sederhana Knowledge Management dapat diartikan bagaimana orang-orang yang memliki pemikiran yang berbeda dan dari berbagai tempat yang berbeda pula mulai saling bertukar pikiran. Hal ini juga dikenal sebagai Learning Organization (Davidson and voss, 2003). Knowledge Management juga memiliki peran yang berguna untuk meningkatkan daya saing dan kualitas kerja dari sebuah perusahaan atau organisasi tersebut. Dalam era informasi perlu kita sadari bahwa aliran Knowledge ke dalam maupun ke luar organisasi begitu cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sudah maju saat ini.
PT Indofood
PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk merupakan salah satu produsen produk konsumen yang bermerek dan terkemuka dengan kegiatan usaha utama antara lain Mi Instan, dairy, makanan ringan, penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus serta minuman. Khususnya pada Produksi Mi Instan yang dilakukan di pabrik Palembang, melalui strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif, indofood CBP telah dapat memperkuat merek-mereknya. Tidak hanya Indomie, yang telah menjadi merek terkenal di Indonesia, seperti Sarimi, Supermi dan Pop Mie. Namun masih memiliki kelemahan dalam melakukan dokumentasi semua informasi dan pengetahuan dari seluruh kegiatan dan komponen organisasi seperti aktivitas rapat, informasi update peraturan baru, data pendukung lainnya dan masih terjadi kendala dalam sulitnya mencari dokumen-dokumen Knowledge yang ada di Laboratorium Divisi Noodle--Pabrik Palembang, sehingga Knowledge yang dimiliki setiap Pegawai yang ada di Laboratorium tersebut belum tersebar merata.Â
Keunggulan PT Indofood
Strategi yang dipakai oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Adalah diferensiasi produk dibuktikan dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. memproduksi mie instan dalam bentuk cup. Peluang Banyak produk menyertakan jasa dan menciptakan keunikan benar-benar hanya masalah imajinasi. Diferensiasi produk yang dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dilakukan untuk memenangkan persaingan hingga menguasai pasar.
Penerapan Knowledge Management pada PT Indofood
PT. Indofood menerapkan metode Sharing Knowledge yaitu proses sistematis dalam mengirimkan, mendistribusikan, dan mendiseminasikan pengetahuan dan konteks multidimensi dari orang atau organisasi lain yang membutuhkan melalui metode dan media variatif. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa proses Sharing Knowledge bertujuan untuk mengoptimalkan dan mendorong munculnya pengetahuan baru sebagai hasil pembelajaran dan kombinasi dari berbagai pengetahuan yang berbeda-beda.Â
Penerapan Knowledge Management pada PT. Indofood sangat diperlukan karena akan memberikan suatu dampak positif pada proses bisnisnya secara langsung maupun tidak.
Adapun penerapan pada PT. Indofood :
- Mendapatkan informasi
- Meningkatkan keluwesan dan adaptasi perusahaan
- Beroperasi dengan fixed assets dan overhead
- Sumber daya manusia, persediaan dan fasilitas yang optimal
- Menciptakan berbagai knowledge dan terus belajar
- Memberdayakan karyawan
- Melakukan perubahan- perubahan/inovasi
- Memperpendek waktu produksi agar lebih efektif
- Menghasilkan produk yang bermutu dan dapat bersaing
- Mempercepat/memberikan pelayanan yang nyaman
Manfaat Penerapan Knowledge Management