Mohon tunggu...
Elysia Resti Purwita
Elysia Resti Purwita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Digitalisasi dan Peran Media Sosial dalam Berbisnis

19 November 2023   20:58 Diperbarui: 19 November 2023   21:33 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://econochannelfeunj.com/2020/06/peluang-usaha-bisnis-online-di-tengah-pandemi-covid-19/

Kini Indonesia berada di era revolusi industri 4.0 yaitu upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama yang ditandai dengan perkembangan luar biasa di bidang teknologi internet. Nah, era revolusi industri 4.0 disebut juga sebagai era digital yang dimana perkembangan teknologi semakin pesat sesuai dengan perkembangan zaman.

Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan.

Perkembangan era digital saat ini ditandai dengan semakin masifnya penetrasi media sosial dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi, politik, budaya dan pertahanan keamanan. Fenomena ini merupakan konsekuensi perubahan pola komunikasi, dari cara-cara dan media konvesional menuju digitalisasi komunikasi dengan menggunakan kanal media sosial kekinian. Pemanfaatan teknologi terutama media sosial juga berperan dalam mengoptimalkan nilai tambah ekonomi. Media sosial juga berdampak positif, ditandai dengan berkembangnya marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli, e-commerce, start up bisnis dll.

Nah, disini kita akan membahas bagaimana peran media sosial dalam menjalankan bisnis. Bisnis sendiri adalah kegiatan di mana seseorang atau sekelompok orang membuat, menjual, atau menukarkan barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam bisnis, orang-orang berusaha menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan produk atau layanan yang bermanfaat bagi orang lain.

Dalam berbisnis, salah satu hal yang diperlukan adalah media sosial. Media sosial tentunya memberikan banyak manfaat dalam bisnis. Salah satu manfaat terbesarnya adalah menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan saja. Media sosial juga dapat membantu untuk membangun brand awerness. Dimana dengan bantuan media sosial kita bisa membuat akun media sosial dan membuat konten tentang bisnis apa yang nantinya akan dijalankan. Nantinya semakin banyak orang tahu tentang bisnis kalian dan semakin besar juga peluang untuk meningkatkan penjualan. Tak hanya itu, media sosial juga membantu membangun koneksi dengan pelanggan.

Seiring dengan perkembangan media sosial, ini juga berdampak positif salah satunya dengan adanya e-commerce. Kehadiran e-commerce di era digital mampu mendongkrak roda perekonomian masyarakat. E-commerce sendiri adalah suatu layanan penyedia produk serta barang via online di dalam suatu website ataupun aplikasi. Dengan e-commerce, maka masyarakat sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli suatu barang, Karena hanya dengan menggunakan smartphone, mereka bisa membeli barang kebutuhan sehari-hari. Tentunya hal ini juga akan membantu para penjual dalam meningkatkan pembeliannya.

Nah, selain manfaat media sosial diatas tentunya ada yang kurang mengenai platform media sosial apa yang dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Disini kita bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi dalam memperluas bisnis. Platform yang dapat digunakan sangat beragam, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dan yang sekarang sangat diminati oleh para pebisnis khususnya pemula yaitu aplikasi Tiktok. Aplikasi atau platform ini sangat mudah dalam membantu mempromosikan produk bisnis dengan berbagai konten beragam sehingga dapat menarik minat pelanggan.

Dari sini kita sudah dapat melihat peran positif media sosial dalam membantu mengelola perkembangan bisni dan tak lupa juga ada beberapa medial sosial yang dapat kalian manfaatkan dalam mempromosikan produk bisnis kalian lohh. Jadi sangat disayangkan atau rugi apabila bisnis yang kalian jalankan tidak menggunakan media sosial untuk meningkatan presensi brand dan meningkatkan penjualan bisnis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun