Mohon tunggu...
Elvonda Rhizky
Elvonda Rhizky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Fakultas Hukum Universitas Jember

saya pribadi memiliki ketertarikan dan kegemaran dalam bidang akademik maupun non akademik. bidang akademik saya gemar membaca hal yang berbau hukum dan membaca berita serta saya suka menulis apapun yang ada dalam benak saya ke dalam tulisan. dalam bidang non akademik saya sangat menggemari bermain basket maupun jenis olahraga lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Artikel MBKM Magang Notaris Uke Kartika Timur Reny, S.H., M.Kn.

19 Februari 2023   20:18 Diperbarui: 19 Februari 2023   20:44 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Awal September yang dimana saat mendapatkan informasi dari Dosen Pendamping dan juga Tim MBKM Magang Fakultas Hukum memberikan kesempatan kami untuk melakukan magang di kantor Notaris Uke Kartika Timur Reny, S.H., M.Kn yang berlokasi di Jl. Bengawan Solo, Tegal Boto, Jember. Awal mula kami melaksanakan magang bersama tim yang sudah dibagikan oleh tim MBKM dari Fakultas Hukum yakni di Kantor Notaris yang saya tempati terdapat 2 orang termasuk saya. Pertama kali, kami melaksanakan magang melakukan perkenalan dan saling mengenal berbagai tempat yang dikenalkan oleh Mentor kami yakni Bu Wiwin, Mbak Vivien, dan Mas Indro. 

Mereka ber tiga merupakan mentor saya ketika saya dan teman saya menjalankan tugas dan amanah yang diberikan oleh Kantor ataupun Bu Uke selaku pemilik Kantor tersebut. Berikutnya saya sudah mendapat tugas dari pihak kantor yakni ditempatkan di Kantor KPP Pratama pada waktu itu saya diberikan tugas untuk melakukan balik nama dikarenakan nama pada client yang terdapat di fotokopi KTP tidak terbaca dengan jelas. 

Berikutnya pada hari berikutnya mendapatkan tugas yang berbeda yakni dengan melakukan penjahitan akta Jual Beli yang pada saat itu teknis menjahit akta dilakukan dengan memakai jarum jahit yang medium dan benang bol, saat itu saya diajarin oleh mentor saya dituntun sebaik mungkin sehingga saya dapat kepercayaan oleh Mentor dan pemilik kantor untuk melakukan menjahit akta setiap ada permintaan.

Tugas berikutnya first time saya ditugaskan dengan Mentor untuk mendatangi client Notaris guna untuk melakukan tanda tangan akta yang ditemani dengan mentor, pada saat itu saya juga diajarin bagaimana cara mengobrol dan berkomunikasi yang baik dengan pihak client lebih mengutamakan fungsi dan tujuan karena pihak Notaris harus mengutamakan kepentingan client tetapi tetap harus dalam lingkup hukum. 

Berbagai macam saya belajar dari Mentor Kantor Notaris untuk memahami arti dari ketatanegaraan dan fungsi Notaris/PPAT, berkomunikasi dengan client, melakukan menjahit akta, mengisi BPHTB, melakukan balik nama ke KPP Pratama, dan lain sebagainya. Magang di Kantor Notaris sangat bermanfaat bagi mahasiswa hukum yang memiliki fokus dan tujuan menjalani serta memahami kehidupan dalam lingkup tata negara Indonesia, hak waris dan sebagainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun