Mohon tunggu...
Elviyani Limbong
Elviyani Limbong Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

INFP

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Implementasi Digital Marketing pada Usaha Rumahan Mille Crepes

4 September 2023   21:20 Diperbarui: 4 September 2023   21:21 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pengalaman kami pada saat melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan di Usaha Rumahan Mille Crepes yang beralamat di Jalan Haji Aman, Cinangka, Sawangan, Depok. Dari pengalaman tersebut kami mendapatkan pengetahuan tentang cara memasarkan produk yang lebih luas. Selama pelaksanaaan praktik kerja lapangan kami mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu didalamnya seperti bekerja dan komunikasi dalam tim, mendesain konten untuk keperluan pemasaran online, membantu dalam proses kegiatan produksi. Usaha rumahan Mille Crepes merupakan salah satu usaha dibidang kuliner. Produk yanga ditawarkan berupa Mille Crepes dengan beberapa varian rasa diantaranya rasa oreo, keju, tiramisu, strawberry, dan matcha.

Usaha rumahan Mille Crepes didirikan pada tahun 2020 oleh pemiliknya yaitu Ernawati. Berdirinya usaha ini diawali karena ketertarikannya dalam membuat kue dan ingin memiliki bisnisnya sendiri. Pada awal berdirinya usaha rumahan Mille Crepes ini belum diketahui oleh masyarakat luas, namun seiring berjalan waktu mulai dikenal oleh masyarakat sekitar tempat usaha Mille Crepes ini berada. Pada saat proses produksi Mille Crepes kami dibimbing langsung oleh owner dari usaha rumahan Mille Crepes yaitu Ernawati. Kami diajarkan bagaimana membuat satu loyang Mille Crepes, dari mulai mengadon, membuat lembaran crepes, membuat filling, menyusun lembaran crepes sampai pada tahap pengemasannya. Selama mengerjakan kami mengalami sedikit kesulitan pada saat membuat lembaran crepes. Pada percobaan pertama, crepes yang kami buat bentuknya tidak sempurna, tetapi setelah sudah beberapa kali percobaan lembaran crepes yang kami buat lebih baik dari sebelumnya.

Kami juga melakukan kegiatan pemasaran seperti mendesain konsep untuk konten media sosial. Media sosial yang kami gunakan untuk mempromosikan produk usaha rumahan Mille Crepes adalah Instagram dengan username yourssmille. Dalam kegiatan praktik kerja lapangan kami belajar tentang pentingnya digital marketing pada suatu bisnis. Dengan penerapan digital marketing, calon pembeli dapat dengan mudah membeli produk Mille Crepes, serta para pembeli dapat dengan mudah memberikan kritik dan sarannya melalui DM di akun Instagram yourssmille.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa, kegiatan praktik kerja lapangan yang kami lakukan selama 15 hari kerja ini memberikan dampak pada pembelian Mille Crepes. Usaha rumahan Mille Crepes juga memberikan kesempatan pada kami untuk bisa belajar dan beradaptasi dalam dunia kerja, memberikan bimbingan kepada kami sehingga dapat memahami proses pembuatan Mille Crepes. Kegiatan praktik kerja lapangan ini juga memberikan kita pengetahuan tentang dunia kerja sebagai bekal di kemudian hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun