Mohon tunggu...
Elvita Wahyu Safitri
Elvita Wahyu Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Workshop Unite for Safety, Menumbuhkan Kepedulian Masyarakat dalam Keselamatan Berkendara

24 Juli 2024   23:53 Diperbarui: 25 Juli 2024   11:26 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
unite for safety/dokpri

"Menumbuhkan Kepedulian Masyarakat Dalam Keselamatan Berkendara"

Workshop ini diadakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta pada tanggal 20 juli 2024, yang bertempat di Hall Baroroh Baried Gedung Siti Walidah Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi saja tetapi juga dihadiri oleh prodi-prodi lainnya karena workshop ini dibuka untuk umum. Dalam acara ini terdapat 3 Narasumber yaitu Ibu widya dari Polda DIY, Mas Rangga sebagai Casual Riding Influencer, dan ada juga mas M.Ali Iqbal sebagai superviser safety riding PT. Astra.

Workshop ini bertemakan Unite For Safety yang artinya menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam keselamatan berkendara. Tema ini di ambil karena banyaknya angka kecelakaan di ringroad terutama di ringroad barat disitu sering sekali terjadi kecelakaan bahkan ada juga mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta yang kecelakaan dan ada juga yang meninggal ditempat. 

Pada pemateri pertama Ibu Widya dari Polda DIY mengatakan, Apa upaya yang dilakukan Polda DIY terkait kejadian kecelakaan di ringroad ? Upaya yang dilakukan Polda DIY adalah rapat koordinasi dan juga polda DIY sudah melakukan berbagai pihak mengenai putusan apa yang akan dilakukan, Polda DIY juga melaksanakan sosialisasi langsung dan tidak langsung melalui media sosial, melalui media massa, media elektronik tentang  keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat. 

Terkait tingginya kecelakaan Upaya dari Polda DIY setelah dihitung jumlah bukaan disepanjang ringroad dari mulai timur, utara, barat itu kurang lebih 171 bukaan dan 90% ilegal, ringroad bukan lagi jalan arteri tetapi jalan kolektor, polda DIY mengurangi jumlah bukaan seharusnya idealnya jumlah bukaan satu dengan yang lain itu 300m. 

Masyarakat yang melawan arus terutama di jalur cepat juga menjadi faktor terjadinya kecelakaan. Penerangan jalan dan perbaikan jalan juga sudah dilakukan untuk meminimalisir angka kecelakaan diringroad. Polda DIY sudah melakukan banyak upaya untuk mengurangi terjadinya kecelakaan. Dan saat malam, tim polda DIY melakukan patroli disepanjang ringroad untuk mengontrol kejahatan yang terjadi di sepangjang jalan dan juga melihat jalan mana yang belum ada penerangan.

Pemateri kedua, yaitu mas Rangga sebagai seorang casual riding influencer menjelaskan pengalamannya saat berkendara dan tips apa yang harus diperhatikan dalam berkendara perjalanan jarak jauh. Menurut mas rangga Safety Riding bukan hanya soal gear tetapi atitude cara kamu bawa moror percuma bawa jaket kekinian tetapi atitude ga ada, Mas rangga juga  mengatatakan bahwa resiko kecelakaan dapat berkurang jika kita memiliki kesadaran individu, mematuhi peraturan, kendaraan dalam keadaan aman dan baik.  Ada 152,000 kasus kecelakaan di indonesia sepanjang tahun 2023, 27,000 jiwa korban meninggal, dan Rp 500 miliar angka kerugian dalam 1 tahun dan mas rang menyimpulkan ada 17 kasus kecelakaan yang ada di indonesia dalam 1 jam. 

Modivikasi juga harus diperhatikan sesuai kebutuhan, hindari modivikasi yang berlebihan, seperti standar, merubah warna, kerangka dan kapasitas mesin. Mas rang menjelaskan bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan sekitar saat melakukan touring, menurut mas rang adab menjadi hal yang harus dimiliki setiap orang, saat touring kita itu harus memperhatikan atau memposisikan diri kita sesuai dengan daerah tersebut.

Pemateri ketiga, Mas Iqbal sebagai supervisor PT. Astra menjelaskan keselamatan berkendara dan cara merawat motor, dan mas iqbal menjelaskan bagaimana cara merawat motor, merawat motor itu jangan sampai motornya udah keluar asap dan gaada olinya itu jangan sampai, merawat motor itu sama dengan merawat tubuh kita dan perawatan yang paling penting itu di pengereman karena rem itu slah satu komponen utama di sepeda motor, lampu depan lampu belakang itu juga termasuk komponen penting, klakson,kita harus menjaga merawat dan menservis motor kita agar tetap aman ketika digunakan. Kendaraan roda dua memiliki angka kecelakaan lebih tinggi dibandingkan roda empat ataupun kendaraan lainnya.

Teori psikologi yang saya ambil yaitu "Teori Presepsi" kenapa? karena teori ini menjelaskan bagaimana individu menerima informasi dari sekitarnya dan teori ini juga digunakan untuk memahami dan mengetahui bagaimana presepsi tentang bahaya dan keselamatan berkendara dapat mempengaruhi adab perilaku pengendara. Dan saya juga mengambil "Teori Pembelajaran" karena teori ini membantu kita memahami bagaimana cara kita belajar merawat kendaraan dan memahami bahaya bahaya yang ada kalau kendaraan tidak diservis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun